Sukses


Sikap Pelatih Persib Terkait Keputusan PSSI Menetapkan Liga 1 Tetap dengan Sistem Promosi Degradasi

Bola.com, Bandung - PSSI akhirnya memutuskan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 dan 2 musim 2021/2022 tetap ada promosi dan degradasi. Keputusan itu disambut dengan baik oleh pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Terlebih, sejak awal pelatih Persib asal Belanda itu tidak setuju ketika mendengar ada wacana bahwa kompetisi Liga 1 2021 digelar tanpa ada degradasi dan promosi.

"Promosi dan degrdasi dalam sebuah kompetisi itu hal normal. Kalau Liga tidak ada dua hal itu, barulah menjadi berita. Hal bagusnya, saya berharap semua pihak di sepak bola Indonesia tidak mengubah beberapa hal hanya karena segelintir orang yang menginginkan berubah," jelas Robert Alberts usai memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (27/5/2021).

Robert menegaskan untuk menjalankan roda kompetisi tertinggi di Tanah Air harus tetap profesional agar bisa berkembamg dengan rencana konkrit.

"Karena kalau selalu berubah, rencana itu tidak akan berjalan lurus. Promosi dan degradasi tidak untuk didiskusikan karena itu sudah menjadi semangat dari olahraga ini (sepak bola)," tutur Robert.

Dengan adanya promosi dan degradasi, semua orang yang terlibat dalam kompetisi lanjut eks pelatih Arema dan PSM Makassar ini tentu ingin menunjukan yang terbaik agar tidak terdegradasi.

"Tapi ketika itu berubah, semua orang akan kecewa dan tidak ada yang menganggapnya sebagai hal yang serius," ungkap Robert Rene Alberts lagi.

 

Video

2 dari 2 halaman

PSSI Akan Berkirim Surat kepada Seluruh Tim Peserta Liga 1

Seperti diketahui, PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan telah memutuskan bahwa Liga 1 dan 2 musim 2021/2022 tetap ada promosi dan degradasi setelah melakukan pertemuan dengan Exco PSSI dalam rapat Emergency Exco Meeting, Selasa (25/5/2021).

PSSI juga melakukan konsultasi dengan FIFA dan AFC terkait rencana bergulirnya kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021-2022 hingga akhirnya diputuskan tetap ada promosi dan degradasi.

“Dalam diskusi dengan semua Exco PSSI, akhirnya kami (PSSI) memutuskan Liga 1 dan 2 musim kompetisi 2021/2022 tetap ada promosi dan degradasi,” kata Iriawan dalam situs resmi PSSI.

Sebelumnya, memang ada dinamika di mana beberapa klub Liga 1 dan 2 meminta musim 2021-2022 tidak ada degradasi. Beberapa klub itu memandang pandemi COVID-19 yang belum selesai menjadi salah satu alasannya.

Permintaan itu kemudian dibahas dalam Meeting Exco PSSI, Senin (3/5/2021). Setelah diputuskan, Ketua Umum PSSI kemudian meminta Sekjen Yunus Nusi untuk berkirim surat kepada seluruh klub peserta Liga 1 dan 2 soal keputusan PSSI ini. "Keputusan PSSI ini sudah final," tegas Iriawan.

Video Populer

Foto Populer