Sukses


PSM Akhirnya Menggelar Latihan Perdana Jelang Liga 1, Mayoritas Pemain di Piala Menpora Hadir

Bola.com, Makassar - PSM Makassar membuktikan keseriusannya untuk tetap bersaing di Liga 1 2021/2021. Kamis (3/6/2021) sore, skuad Juku Eja melahap program latihan yang diberikan carateker pelatih Syamsuddin Batola di Lapangan Bosowa Sport Centre.

Sejumlah pemain pilar yang sukses membawa PSM Makassar menembus semifinal Piala Menpora 2021 terlihat hadir pada latihan perdana ini, di antaranya Hilmansyah, Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, M. Arfan, Rizky Eka Pratama, Rasyid Bakri dan Saldi Amiruddin.

Selain itu, ada satu-satunya pemain asing yang tersisa, yakni Wiljan Pluim, serta Abdul Rahman Sulaeman, stoper yang baru pulih dari cedera panjang. Sementara Sutanto Tan dan Zulham Zamrun masih absen karena urusan keluarga. Total pemain yang mengikuti latihan perdana berjumlah 28 pemain, 10 di antaranya berasal dari Akademi PSM.

Saat ditemui setelah latihan, Syamsuddin Batola mengungkapkan latihan perdana ini untuk mengukur kondisi terkini pemain. Secara umum, Syamsuddin menilai pemain asuhannya berada dalam kondisi baik.

"Fisik mereka sudah sesuai standar. Wajar kalau belum optimal karena mereka hanya berlatih mandiri setelah Piala Menpora," ujar Syamsuddin kepada awak media Makassar.

Syamsuddin menambahkan dirinya sudah mendapat gambaran kemampuan pemain asuhannya berdasarkan penampilan di Piala Menpora 2021.

Namun, mantan bek yang membawa PSM Makassar meraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000 ini menegaskan atmosfer Liga 1 jelas jauh berbeda dengan Piala Menpora. Apalagi PSSI sudah memutuskan tetap memberlakukan sistem degradasi pada musim ini.

 

Video

2 dari 2 halaman

Butuh Striker

Meski penampilan PSM Makassar terbilang lumayan bagus di Piala Menpora 2021, Syamsuddin mengaku skuad Juku Eja masih menyimpan kelemahan, terutama di posisi striker. Apalagi, striker utama PSM di Piala Menpora, Patrich Wanggai, sudah memutuskan bergabung klub Liga 2, RANS Cilegon FC.

Memang masih ada Saldi Amiruddin yang kerap dimainkan sebagai tombak utama. Tapi, eks Madura United ini lebih pas bermain sebagai penyerang sayap.

Artinya, PSM butuh tambahan striker lokal dan asing untuk mendongkrak penampilan lini serang. "Saya sudah melaporkan kondisi ini ke manajemen untuk dicarikan solusinya. Kita tunggu saja perkembangannya," pungkas Syamsuddin.

Video Populer

Foto Populer