Sukses


Pemegang Rekor Gol Terbanyak Semusim Liga Indonesia, Sylvano Comvalius Gantung Sepatu

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Bali United, Sylvano Comvalius, resmi memutuskan gantung sepatu dari lapangan hijau. Pemain asal Belanda itu memilih gantung sepatu setelah berkarier selama 13 tahun dan meninggalkan sebuah warisan rekor sebagai pencetak gol terbanyak semusim dalam sepanjang sejarah Liga Indonesia.

Sylvano Comvalius memang tergolong tidak terlalu lama bermain di Indonesia. Ia menjadi top scorer Liga 1 2017 yang membuatnya sukses menorehkan rekor luar biasa lewat 37 gol yang dicetaknya dalam semusim.

Pemain asal Belanda itu sempat bermain di luar negeri dan kembali ke Indonesia untuk membela Arema FC dan Persipura Jayapura. Prestasinya pada Liga 1 2017 yang membuat pemain asal Belanda itu lebih melekat dengan Bali United.

Namun, sang pemain kini memutuskan untuk gantung sepatu. Informasi tersebut diungkapkan sang pemain melalui akun Instagram miliknya.

"Setelah perjalanan selama 13 tahun di 11 negara dan 17 klub berbeda, saya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional. Ini adalah keputusan yang sangat sulit untuk melepas semua yang saya impikan sebagai anak muda," tulis Sylvano Comvalius.

Namun, kenyataannya ada hal yang lebih penting dalam hidup ketimbang sepak bola, dan ada peluang besar lain di depan mata yang ingin saya fokuskan. Sekarang saatnya menjadi juara, pencetak gol terbanyak, dan idola bagi anak-anak saya dan membantu mereka mencapai impian mereka. Saya sudah mencapai milik saya," lanjut Sylvano Comvalius.

 

Video

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier

Sylvano Comvalius merupakan pemain yang punya sejarah bermain bersama banyak klub dalam karier profesionalnya yang dimulai pada 2007. Walau memulai karier di Belanda yang merupakan negara asalnya, Sylvano terus menempa diri dengan berkarier di sejumlah negara, mulai dari Malta, Skotlandia, Kuwait, Kazakhstan, China, Jerman, hingga Ukraina.

Ia datang ke Indonesia dengan bergabung bersama Bali United pada 2017 dan langsung mencetak rekor fantastis sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim untuk sepanjang sejarah Liga Indonesia, memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki oleh Peri Sandria.

Hanya satu musim bersama Bali United, Sylvano Comvalius mencoba untuk berkarier di Thailand dan Malaysia. Namun, keputusannya memperkuat Suphanburi dan Kuala Lumpur FA tampak kurang bagus. Torehan gol pemain berpostur tinggi ini sangat minim ketimbang saat berseragam Bali United.

Ia kemudian kembali ke Indonesia dan beragbung bersama Arema FC pada 2019. Namun, ia hanya mencetak lima gol dalam 27 penampilann bersama Singo Edan. Ia pun kemudian dipinjamkan ke Persipura Jayapura pada 2020, tapi kompetisi terhenti karena pandemi COVID-19.

Setelah itu, Sylvano Comvalius kembali ke Malta dan bergabung dengan Sliema Wanderers. Kemudian ia sempat hijrah ke Singapura dan gabung bersama Geylang Internasional serta kembali ke Belanda untuk bergabung bersama Quick Boys. Klub Belanda inilah yang menjadi akhir dari karier panjang Sylvano Comvalius di lapangan hijau.

Video Populer

Foto Populer