Sukses


Duel Bek Vietnam Vs Timnas Indonesia: Adu Ancaman Doan Van Hau dan Asnawi Mangkualam

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Vietnam pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Pertandingan nanti akan menjadi pertemuan kedua untuk kedua tim di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Timnas Indonesia menyerah 1-3 dari Vietnam pada leg pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 15 Oktober 2019.

Khusus di lini belakang, kedua negara sama-sama punya bek sayap dengan prospek cerah. Timnas Indonesia diwakili oleh Asnawi Mangkualam, sedangkan Vietnam memiliki Doan Van Hau.

Asnawi Mangkualam disebut-sebut sebagai bek sayap kanan terbaik di Indonesia saat ini. Baru berusia 21 tahun, pemain asal Makassar, Sulawesi Selatan itu telah berkarier di Korea Selatan bersama Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam menjadi pemain Indonesia pertama yang berkiprah di Korea Selatan.

Sebagai bek sayap, Asnawi Mangkualam tidak hanya ngotot dalam bertahan. Mantan pemain Persiba Balikpapan itu juga rajin dan agresif ketika membantu serangan.

Asnawi Mangkualam turut bermain ketika Timnas Indonesia mengimbangi Thailand 2-2 pada matchday keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pemain kelahiran 4 Oktober 1999 itu beraksi cukup baik selama 90 menit.

2 dari 3 halaman

Doan Van Hau

Sama seperti Asnawi Mangkualam, Doan Van Hau punya kualitas spesial sebagai bek sayap.

Jika Asnawi Mangkualam menyisir sayap kanan, Doan Van Hau menyusuri sisi sebaliknya.

Bakat Doan Van Hau tercium klub Belanda, SC Heerenveen yang meminjamnya selama semusim pada 2019/2020. Namun, bek berusia 22 tahun itu tidak pernah dimainkan sehingga dikembalikan ke klub aslinya, Ha Noi.

Di usianya yang masih cukup muda, Doan Van Hau telah membukukan 24 penampilan untuk Vietnam.

Doan Van Hau pernah menjadi musuh nomor satu publik Indonesia setelah mencederai Evan Dimas pada final SEA Games 2019. Gara-gara itu, Timnas Indonesia yang menurunkan level usia U-22 gagal meraih medali emas setelah kalah 0-3 dari Vietnam U-22.

Doan Van Hau sempat diragukan bermain melawan Timnas Indonesia karena mengalami cedera sewaktu beruji coba dengan Yordania pada 1 Juni 2021. Kabar terakhir, pemain kelahiran 19 April 1999 itu telah pulih dan kembali mengikuti latihan bersama Vietnam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer