Sukses


5 Pesohor yang Jadi Sultan Klub Sepak Bola di Indonesia: Tersebar di Liga 1, Liga 2 sampai Liga 3

Bola.com, Jakarta - Sempat vakum hampir satu tahun akibat pandemi COVID-19, denyut nadi sepak bola Indonesia mulai berdenyut lagi. Kompetisi tahun 2021 bahkan bakal lebih segar dari sebelumnya. 

Bagaimana tidak, jagat sepak bola Indonesia tengah ramai dengan pemberitaan pengusaha dan selebriti yang berkecimpung di bisnis bal-balan lokal yang tersebar di kompetisi Liga 3, Liga 2, sampai Liga 1.

 

Siapa tentunya yang tidak mengenal nama Raffi Ahmad yang kini memiliki tim Liga 2, RANS Cilegon FC. Persaingan Liga 2 musim ini bakal sangat menarik. 

Karena Kaesang Pangarep bersama Menteri BUMN, Erick Thohir turut mengakuisisi Persis Solo. Belum lagi keberadaan tim-tim seperti Dewa United atau PSG Pati yang memastikan tensi persaingan Liga 2 tak kalah menarik dari Liga 1

Pada artikel ini, Bola.com coba mengumpulkan lima nama pesohor yang kini aktif di tim sepak bola Indonesia. Tentu jumlah ini masih bisa bertambah. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui siapa saja mereka. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. Gilang Widya Pramana - Arema FC (Liga 1)

Kabar mengejutkan datang dari tim papan atas Liga 1, Arema FC. Manajemen Arema mengumumkan presiden klub yang baru, Gilang Widya Pramana, Minggu (6/6/2021).

Kabar itu diumunkan bersamaan dengan laga uji coba Arema FC kontra RANS Cilegon FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Gilang tak lain pengusaha berjuluk Crazy Rich Malang yang sukses dengan bisnis Juragan 99 Trans, MS Glow, dan lainnya.

Sebenarnya kabar Gilang bakal jadi bos baru Arema mencuat sejak awal 2021. Dia mengaku ditawari saham Arema oleh Iwan Budianto, mantan CEO Arema. Ternyata jabatan yang diberikan kepada Gilang bukan pemegang saham, justru presiden klub.

Jabatan itu sebelumnya dipegang oleh mantan Bupati Malang, Rendra Kresna. Sejak semalam, Gilang yang menggantikan posisi itu.

"Terima kasih. Di sini saya ingin kerja bareng kalian (Arema dan Aremania). Kita buat tahun ini Arema juara," tegas Gilang.

Gilang resmi jadi orang nomor satu di Arema. Namun, seperti apa perubahan yang akan dilaukan, menarik untuk ditunggu.

3 dari 6 halaman

2. Kaesang Pangarep - Persis Solo (Liga 2)

Kaesang Pangarep bersama pengusaha Kevin Nugroho dan Menteri BUMN, Erick Thohir, membeli saham Persis sebesar 90 persen pada 20 Maret 2021. Ketiganya berambisi membawa tim berjulukan Laskar Sambernyawa itu promosi ke Liga 1 pada musim depan.

Tentu siapa tidak mengenal sosok Kaesang Pangarep. Dia merupakan putra dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

"Sebetulnya waktu saya mau mengakuisisi Persis, Bapak cuma kasih satu kata dan bilang lanjut. Begitu saja," kata Kaesang Pangarep ketika mengunjungi Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, di Kantor PSSI, Jakarta Pusat, Rabu (7/4/2021).

"Sekarang, Bapak tidak banyak berbicara ke saya soalnya. Sebab, saya sudah sibuk sekarang," tutur adik dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming itu sambil berkelakar.

Persis Solo menjadi peserta Liga 2 yang paling agresif di musim ini. Setelah diakuisisi oleh Kaesang Pangarep dan Erick Thohir, tim berjulukan Laskar Sambernyawa itu sangat royal di bursa transfer.

Persis Solo mendatangkan pemain-pemain dengan cap Liga 1 seperti Alberto Goncalves, Miftahul Hamdi, hingga Marinus Wanewar. Terbaru, Laskar Sambernyawa membajak Sandi Sute dan Heri Susanto dari Persija Jakarta.

Transfermarkt Indonesia mencatat Persis Solo sebagai klub dengan nilai pasar termahal di Liga 2 musim ini dengan jumlah Rp28,25 miliar,

4 dari 6 halaman

3. Raffi Ahmad - Rans Cilegon FC

Tamat sudah riwayat Cilegon United di Kota Cilegon, Banten. Setelah diakuisisi oleh Raffi Ahmad, klub tersebut kini berubah nama menjadi RANS Cilegon FC. Nama itu merujuk pada perusahaan yang dibagun Raffi, RANS.

"Ketika pihak dari Cilegon United FC memberi penawaran kepada RANS untuk membantu dan bekerja sama membesarkan nama tim, saya sebagai pecinta olahraga tertarik dan punya keinginan untuk membesarkan nama sepak bola Indonesia," kata Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad selama ini dikenal cukup dekat dengan dunia sepak bola. Suami Nagita Slavina itu bersama beberapa artis lainnya aktif dalam komunitas sepak bola yang bernama Selebritis FC.

Kini Raffi Ahmad tidak sekadar aktif di sepak bola komunitas. Sosok yang acap kali disebut dengan julukan 'Sultan Andara' itu resmi memiliki klub sepak bola profesional setelah membeli Cilegon United.

Kabar Raffi membeli Cilegon United itu secara resmi diumumkan melalui siaran langsung di kanal YouTube Rans Entertainment. Lewat bendera RANS Entertainment, Raffi Ahmad resmi menjadi pemilik baru klub.

5 dari 6 halaman

4. Atta Halilintar - AHHA PS Pati FC (Kabarnya Liga 3)

Youtuber terkemuka sekaligus istri Aurel Hermansyah, Atta Halilintar telah mengumumkan nama tim AHHA PS Pati FC melalui jejaring sosial Instagram miliknya pada 4 Juni lalu.

Belum diketahui apakah tim ini bakal mentas di Liga 2 atau Liga 3. Namun kemungkinan besar AHHA PS Pati FC bakal terjun di Liga 3.

Meski terbilang baru, AHHA PS Pati FC bahkan sudah memiliki 26,5 ribu pengikut di Instagram. Sebuah bukti magnet nama Atta Halilintar begitu besar.

Sebelumnya Atta Halilintar sudah gencar bermanuver di sepak bola Tanah Air. Dia sempat bertemu Ketua Umum PSSI dan bahkan dikabarkan membeli tim Liga 2, Sriwijaya FC meski akhirnya gagal.

 

6 dari 6 halaman

5. Gading Marten - Persikota Tangerang (Liga 3)

Gading Marten yang mengakuisisi Persikota Tangerang. Persikota adalah klub Liga 3 yang namanya pernah harum di era Divisi Utama atau kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada 2000-an.

Persikota mengumumkan bergabungnya Gading Marten lewat akun Instagram klub, @persikotafc1994 pada Jumat (4/6/2021). Ayah dari Gempita Noura Marten atau Gempi itu disebut telah sepakat untuk memajukan klub kebanggaan Benteng Mania ini.

"Selamat bergabung Gading Marten di Persikota," tulis @persikotafc1994.

"Persikota secara resmi telah mencapai kata sepakat dengan tokoh, artis, pengusaha, dan pegiat sepak bola ternama Tanah Air untuk bersama memajukan Bayi Ajaib lolos ke Liga 2 musim depan," lanjut pengumuman tersebut.

Video Populer

Foto Populer