Sukses


Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia Kalah Telak: Vietnam Handball Saat Gol Pertama, Tim Garuda Seharusnya Dapat Penalti

Bola.com, Dubai - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menganggap wasit Ahmad Alali dan asistennya melakukan kesalahan ketika mengesahkan gol pertama Timnas Vietnam. Selain itu, arsitek asal Korea Selatan ini menilai tim asuhannya seharusnya mendapatkan tendangan penalti.

Timnas Indonesia dibuat babak belur oleh Vietnam setelah dibombardir empat gol tanpa balas pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Setelah diimbangi Timnas Indonesia pada babak pertama, Vietnam berhasil memecah kebuntuan melalui Nguyen Tien Linh pada menit ke-51. Shin Tae-yong melihat penyerang bernomor punggung 22 itu menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol ke gawang timnya.

"Jadi pada babak kedua, gol pertama dari Vietnam itu, wasit dan hakim garis salah mengambil keputusan sebab bola mengenai tangan pemain Vietnam," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Shin Tae-yong mengatakan, akibat gol Vietnam berbau handball itu, para pemain Timnas Indonesia menjadi tertekan. "Jalannya laga otomatis menjadi susah buat kami," jelas juru taktik berusia 51 tahun tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Proses Gol Berbau Handball Vietnam

Sebelum mencetak gol, Nguyen Tien Linh berhasil menyelinap dari penjagaan dua bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho dan Arif Satria untuk memperdaya kiper Nadeo Argawinata.

Gol Nguyen Tien Linh lahir dari kesempatan keduanya menembak bola. Pada kesempatan pertama, tendangannya diblok oleh Arif Satria. Bola lalu melambung ke badannya. Nadeo Argawinata sempat mengangkat tangan tanda Nguyen Tien Linh handball. Namun, wasit Ahmad Alali tidak menggubrisnya.

Nguyen Tien Linh terlanjur dalam posisi enak pada kesempatan keduanya. Penyerang Becamex Binh Duong itu melancarkan tendangan mendatar ke sisi kanan gawang Nadeo Argawinata. Bola sempat membentur tiang sebelum masuk ke gawang.

Sepakan Nguyen Tien Linh sebenarnya tidak kencang-kencang amat. Namun, Nadeo Argawinata hanya terpana melihat bola karena kehilangan fokus setelah menuduhnya menyentuh bola dengan tangan.

3 dari 3 halaman

Tidak Dikasih Penalti

Shin Tae-yong makin geram dengan keputusan wasit Ahmad Alali ketika Vietnam unggul 3-0. Sebab, pengadil pertandingan asal Kuwait itu tidak menghadiahi penalti untuk Timnas Indoensia.

"Setelah kemasukan tiga gol, kami seharusnya mendapatkan penalti. Karena tidak dapat, akhirnnya jalannya laga makin menjadi milik Vietnam. Karena itu, alur permainan kami jadi hilang dan akhirnya kami kalah," tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk mengevaluasi kinerja wasit Ahmad Alali.

"Juga untuk AFC. Mereka harus mengecek ulang wasit. Semoga tidak terulang kedua kalinya kejadian seperti ini," terang Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer