Sukses


Jelang Liga 1: Aji Santoso Tak Ingin Jose Wilkson Terbebani Rekor Gol David Da Silva di Persebaya

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, coba meredam ekspektasi tinggi kepada penyerang anyar timnya, Jose Wilkson. Aji ingin lebih dulu melihat perkembangan sang pemain.

Jose Wilkson resmi direkrut Persebaya pada Rabu (9/6/2021). Pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut mendapat kontrak berdurasi satu tahun dari tim berjulukan Green Force tersebut.

Setelah resmi bergabung, Wilkson langsung mengikuti sesi latihan bersama Persebaya Surabaya yang berlangsung di Stadion Gelora 10 November.

Kehadiran pemain berusia 29 tahun tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya gedor Tim Bajul Ijo. Selain itu, dia bisa menjadi pengganti sepadan David Da Silva yang menyeberang ke Terengganu FC di Malaysia.

Persebaya terpaksa kehilangan pemain berkepala plontos tersebut. Padahal, David Da Silva merupakan ujung tombak andalan Persebaya, dengan torehan 35 gol dari 42 penampilan di Liga 1.

"Saya tidak bisa membandingkan dulu karena dia baru latihan, saya tidak tahu seperti apa. Manti kita lihat kedepan perkembangannya seperti apa. Tetapi yang jelas (dari) pengamatan pertama, dia skillnya cukup bagus," ujar Aji.

"Saya lihat kalau secara skill menurut saya dia tidak ada masalah. Dari sentuhan dan dari cara bermainnya cukup oke. Walaupun kondisi fisiknya pasti belum 100 persen," Aji menambahkan.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut memastikan tak akan memberi target gol kepada legiun asing barunya tersebut. Aji menilai torehan individu tak akan berguna bila tim secara keseluruhan gagal bersaing di papan atas.

"Kita lihat saja nanti, bagi saya tidak perlu melampaui ekspektasi. Terpenting bagaimana Persebaya berprestasi, itu saja. Karena ini bukan (permainan) individu. Saya tidak menargetkan dia harus mencetak gol melebihi David, bagi saya itu tidak penting," tegasnya.

 

2 dari 3 halaman

Jose Wilkson Langsung Berlatih Penuh

Aji sadar bila Jose Wilkson baru saja tiba di Surabaya. Oleh sebab itu, dia meminta mantan penyerang Hibernians FC tersebut untuk tak terlalu ngoyo dalam berlatih.

Namun, Wilkson justru merasa sebaliknya. Dia ingin mendapatkan gemblengan latihan secepat mungkin untuk mengembalikan kondisi fisiknya.

"Saya mewanti-wanti dia, kalau dia capek saya suruh istirahat tapi dia tidak mau. Artinya dia tahu kebutuhannya. Itu satu nilai positif menurut saya," imbuh Aji.

"Ini bisa diambil pelajaran buat pemain-pemain lokal. Sebagai seorang profesional dia harus tahu kebutuhannya sendiri seperti apa," pungkasnya. (Wahyu Pratama)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer