Sukses


Persipura Tampil di Piala AFC, Jacksen F Tiago Kepikiran Sampai Dibawa-bawa ke Rumah Tangga

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago optimistis timnya bisa melaju sejauh mungkin di Piala AFC meski diakuinya Boaz Solossa dkk. belum selevel dengan klub-klub di Asia.

Persipura Jayapura dan Bali United akan tampil pada ajang Piala AFC dalam waktu dekat. Belakangan, menyusul mundurnya Singapura sebagai host membuat panitia harus mengubah lokasi pertandingan yang tersentralisasi.

Jacksen F Tiago sebelumnya sengaja membawa anak asuhnya berlatih di Jakarta agar bisa beradaptasi di lapangan sintetis. Namun karena batal diselenggarakan di Singapura, program tersebut sedikit diubah.

"Saya akan tetap melanjutkan program latihan di Jakarta sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari AFC mengenai venue pertandingan. Mungkin nanti akan akan pindah TC, tapi yang jelas, program latihan yang sudah ada akan tetap lanjut," kata Jacksen dalam wawancara via zoom bersama awak media.

Lebih jauh, pelatih asal Brasil itu menegaskan bahwa meski timnya tidak selevel dengan klub-klub Asia dan walaupun persiapannya serbakurang ideal, dirinya opstimistis Persipura bisa melaju sejauh mungkin.

"Seratus persen optimistis. Meskipun tahu diri kemampuan kita saat ini tidak seperti apa yang saya harapkan, tapi saya merasa optimisme saya yang paling tinggi di Persipura. Itu yang jadi motivasi saya tiap hari."

"Sampai kadang membawa masalah itu ke dalam rumah tangga saya," kata Jacksen F Tiago lagi.

Video

2 dari 3 halaman

Belajar dari Kesalahan

Perihal persiapan Persipura sejauh ini, mereka menelan sejumlah hasil yang beragam pada beberapa laga uji coba. Taktik dan teknik akan terus digenjot sampai kick-off seraya memperbaiki kekurangan yang ada.

Disinggung mengenai peta persaingan di Grup H yang berisikan Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam), Jacksen merasa seluruh tim memiliki peluang yang sama.

"Semua klub punya peluang yang sama. Dari aspek persiapan kami tertinggal. Tapi ketika bola bergulir Persipura tetap mencanangkan yang terbaik," kata Jacksen.

"Pengalaman dan kesalahan pada uji coba akan jadi evaluasi. Seperti lawan Persik Kediri, kalau lawan kami level AFC habis kita.

Lalu pada saat Persipura bertanding di Liga Champions Asia, kami sudah belajar banyak agar tidak melakukan kesalahan. Maka dari itu, penting untuk belajar dari pengalaman tersebut."

3 dari 3 halaman

Jadwal Persipura Jayapura di Piala AFC

  • 29/06/2021 - Kedah Darul Aman Vs Persipura Jayapura
  • 02/07/2021 - Persipura Jayapura Vs Lion City Sailors
  • 05/07/2021 - Saigon FC Vs Persipura Jayapura

Video Populer

Foto Populer