Sukses


Liga 1: Dibayangi David da Silva, Striker Asing Persebaya Merasa Tertantang

Bola.com, Surabaya - Striker baru Persebaya Surabaya, Jose Wilkson, menghadapi tantangan yang tak mudah bersama klub barunya. Penyerang berpaspor Brasil menjadi harapan bagi suporter Persebaya sebagai mesin gol andalan.

Masalahnya, Persebaya pernah memiliki striker asal Brasil pula yang mampu memikat hati Bonek, suporter Persebaya. Dia adalah David da Silva yang mampu menyumbang 39 gol dari 43 penampilan selama berseragam Bajul Ijo pada 2018 hingga 2020.

Beban berat kini dipikul oleh Wilkson untuk meneruskan sumbangan gol yang telah dicetak oleh David sebelumnya. Striker berusia 29 tahun justru menganggap ini sebagai tantangan baru dalam kariernya.

“Saya tahu ini tantangan yang besar. Saya harus bekerja keras di sini. Saya harus mencetak banyak gol,” ungkap Wilkson.

“Saya tahu ada David da Silva dulu. Saya menonton videonya. Ketika saya datang ke Persebaya, saya harus melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan David da Silva,” imbuhnya.

Sayangnya, Jose Wilkson memiliki reputasi yang kurang apik sebagai striker bersama klub-klub sebelumnya di Malta. Dari data Transfermarkt, dia hanya mampu mencetak sembilan gol dari 43 penampilan di liga Malta bersama dua klub yang berbeda, yakni Senglea Athletic dan Hibernians.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Aji Santoso

Secara terpisah, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, merasa tidak perlu membandingkan David da Silva dan Jose Wilkson. Dia menilai melihat potensi yang dimiliki oleh Wilkson dan ada kemungkinan untuk berkembang.

“Saya tidak bisa membandingkan dulu karena dia baru latihan, saya tidak tahu seperti apa. Nanti kami lihat kedepan perkembangannya seperti apa. Tetapi yang jelas (dari) pengamatan pertama, dia punya kemampuan cukup bagus,” ujar Aji.

“Saya lihat kalau secara kemampuan menurut saya dia tidak ada masalah. Dari sentuhan dan dari cara bermainnya cukup oke. Walaupun kondisi fisiknya pasti belum 100 persen,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu.   

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer