Sukses


Liga 1: Alasan Pelatih Persebaya Rekrut Pemain Asing di Bawah 30 Tahun

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso terkenal hobi mengorbitkan pemain lokal. Beberapa pemain, Saddil Ramdani dan Arif Satria naik kelas saat mendapatkan polesan tangan dinginnya saat di Persela Lamongan.

Walaupun melatih klub sebesar Persebaya, Aji tetap tak meninggalkan kebiasaannya ini. Pemain-pemain yang telah matang di tim nasional kelompok umur seperti Rizky Ridho dan M. Supriadi mulai mendapatkan kesempatan bermain di tim utama.

Selain pemain lokal, pelatih asal Malang itu mulai menyasar pemain asing dengan usia muda untuk bergabung ke klub berjuluk Green Force tersebut. Hal ini terlihat dari perekrutan Taisei Marukawa yang baru berusia 24 tahun.

Tak hanya itu, Jose Wilkson yang menjadi legiun asing kedua Persebaya juga belum memasuki kepala tiga. Bahkan Alie Sesay dan Bruno Moreira yang sedianya bakal segera diresmikan juga masih berusia 26 dan 22 tahun.

Pelatih berusia 61 tahun tersebut mengaku memiliki alasan tertentu dengan perekrutan pemain asing Persebaya musim ini. Ia mulai melihat masa depan Persebaya harus mulai dibangun sejak tahun ini.

"Yang jelas pemain-pemain asing di bawah 30 tahun bahkan Bruno juga kelahiran 1997 (masih usia 24 tahun), artinya di usia ini mereka masih dalam kondisi puncak. Itu yang salah satu menjadi pertimbangan saya," beber Aji.

"Kedua, seumpama dia bermain bagus musim ini tentu sudah enak karena tak perlu cari pemain asing lagi, tinggal meneruskan. Itu tujuan saya kenapa mencari pemain asing yang usianya di bawah 30 tahun," kata legenda Persebaya Surabaya itu.

2 dari 3 halaman

Intensitas Latihan Ditingkatkan

Saat ini, Aji tengah berlomba dengan waktu sebelum kompetisi Liga 1 musim ini bergulir. Jika sesuai rencana, Liga 1 2021/22 bakal dihelat mulai tanggal 10 Juli nanti dan artinya hanya sebulan masa persiapan yang tersedia.

Itu sebabnya, dirinya tak ingin membuang waktu secara percuma dengan menunggu pemain asingnya lengkap. Materi latihan pun terus ditingkatkan secara bertahap.

"Ini tadi intensitasnya cukup tinggi karena kemarin kami sudah libur. Tentu kondisi pemain dalam kondisi fresh, makanya kami tingkatkan lagi. Ada football conditioning dan saya cukup senang semua pemain melakukannya dengan senang dan usaha 100%," jelas Aji.

Taisei Marukawa dan Jose Wilkson telah berlatih bersama Rendi Irwan dan kawan-kawan. Namun, nama pertama harus menjalani latihan terpisah untuk mendongkrak kondisi fisiknya. (Wahyu Pratama)

3 dari 3 halaman

Video

PT LIB Akan Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021

Video Populer

Foto Populer