Sukses


Liga 1: Aji Santoso Berusaha Kenalkan Gaya Khas Persebaya kepada Pemain Asing

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya melakukan perekrutan yang cukup unik untuk Liga 1 2021/2022. Semua pemain asing yang telah didatangkan Persebaya tercatat belum pernah berkarier di Indonesia.

Masing-masing adalah Taisei Marukawa (Jepang), Jose Wilkson (Brasil), dan Alie Sesay (Sierra Leone). Satu slot lagi akan diisi gelandang muda asal Brasil, Bruno Moreira, yang dijadwalkan tiba di Surabaya pada pekan ini.

Kondisi kebugaran ketiga pemain itu tidak sama. Ada yang mendekati standar, ada pula yang masih perlu menempa diri. Terakhir, Alie Sesay yang baru tiba pada Jumat (11/6/2021) lalu, tercatat sebagai pemain dengan kondisi fisik terbaik.

"Pertama kali datang, dia (Alie Sesay) juga sudah beberapa minggu libur, tetap normal. Tetapi kompetisi yang dia ikuti berhentinya baru dua atau tiga minggu saja," kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

"Tidak seperti Wilkson sama Taisei (yang punya jeda pertandingan) cukup panjang. Kondisinya lumayan bagus mengembalikan tidak terlalu sulit karena liburnya tidak lama,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Perkenalkan Gaya Bermain Persebaya

Masalahnya, pemain yang belum pernah berkarier di Indonesia akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Kebanyakan dari mereka belum terbiasa dengan kondisi geografis Indonesia, apalagi berhadapan dengan suhu panas Surabaya.

Aji Santoso mengaku berusaha untuk mengenalkan gaya permainan khas Persebaya Surabaya. Tim berjulukan Bajul Ijo itu identik dengan permainan bola pendek dan mengandalkan sisi sayap dalam melakukan serangan.

"Artinya kami berkomunikasi tidak hanya di lapangan, saya beberapa kali juga ngobrol sama mereka. Saya kasih gambaran bagaimana cara Persebaya bermain, filosofinya seperti apa," ungkap Aji.

"Untuk sementara ini cukup oke, bisa cepat berdaptasi dengan cara main meskipun masih perlu waktu untuk terus ditingkatkan. Tetapi secara garis besar mereka tidak kesulitan dengan cara bermain Persebaya," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer