Sukses


Menilik Geliat Transfer 3 Klub Promosi untuk Bertahan di Liga 1: Ada yang Agresif, Ada Juga yang Woles

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2021/2022 akan digelar dalam hitungan pekan. Pergerakan transfer pemain dari klub-klub, khususnya yang promosi, menarik perhatian.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan menggtulirkan Liga 1 2021/2022 pada 10 Juli mendatang. Kompetisi elite Indonesia itu direncanakan rampung pada Maret 2022.

Kompetisi tetap memakai sistem promosi dan degradasi pada akhir musim. Artinya, sebanyak 18 klub peserta harus bersaing secara ketat untuk bisa menjadi yang terbaik.

Kompetisi Liga 1 musim ini menerapkan sistem yang berbeda yakni bubble to bubble yang digelar dalam enam series. Namun, kompetisi akan bersikap adil dengan mencegah klub bermain di kandang atau daerahnya.

Syarat itu membuat peta persaingan akan terasa ketat dan adil. Tak lupa, sorotan akan tertuju pada tiga klub promosi yang akan meramaikan Liga 1 2021/2022 yakni Persik Kediri, Persiraja Banda Aceh, dan Persita Tangerang.

Sejauh ini ketiga klub belum memiliki pergerakan transfer yang agresif. Lantas, seperti apa kekuatan yang dibangun ketiganya untuk bisa bersaing atau setidaknya tetap bertahan di Liga 1 2021/2022?

2 dari 5 halaman

Persik Kediri

Persik Kediri bergerak lamban pada bursa transfer jelang Liga 1 2021/2022. Sejauh ini, klub berjulukan Macan Putih itu belum memiliki pemain asing.

Persik hanya mendatangkan lima pemain lokal secara gratis untuk memperkuat skuad 2021/2022. Sebut saja Hariyanto Panto, Ahmad Agung, Dikri Yusron, Sabillah, hingga OK John.

Persik diklaim sedang dalam tahap negosiasi dengan pemain asing bidikan. Proses negosiasi alot meskipun akan berusaha diselesaikan jelang bergulirnya Liga 1.

Pelatih Joko Susilo juga harus menyiapkan skema alternatif andai gagal mengamankan kesepakatan dengan pemain asing incaran. Menarik untuk menunggu gebrakan apa yang dihadirkan Persik di bursa transfer.

3 dari 5 halaman

Persiraja Banda Aceh

Persiraja Banda Aceh menjadi klub promosi yang paling babak belur jelang Liga 1. Penampilan apik para pemainnya di Piala Menpora membuat Persiraja harus rela melepas ke klub lain.

Persiraja kehilangan sejumlah pemain penting semisal Assanur Rijal, Miftahul Hamdi, Zamrony, Ganjar Mukti, dan Ferry Komul. Namun, ada pula nama-nama baru yang berhasil didatangkan.

Sebut saja Vanja Markovic, Leo Lelis, dan Shori Murata. Paulo Henrique. Kehadiran mereka membuat Persiraja semakin antusias menyambut Liga 1.

Persiraja Banda Aceh sejauh ini berkekuatan 20 pemain. Dalam waktu dekat, pelatih Hendri Susilo bakal mendatangkan nama-nama anyar yang dibutuhkan untuk bersaing di Liga 1.

4 dari 5 halaman

Persita Tangerang

Persita Tangerang tak main-main dalam membangun skuad untuk Liga 1 2021-2022. Sejauh ini, klub berjulukan Pendekar Cisadane baru membuat gebrakan dengan mendatangkan Alex Goncalves.

Pemain asal Brasil itu diharapkan bisa menambah ketajaman di lini depan. Persita sebelumnya juga sukses mengamankan jasa Adam Mitter, Kevin Gomes, Ahmad Nur Hardianto, dan Isyrad Maulana.

Pelatih Widodo Cahyono Putro juga mendapatkan tambahan amunisi dari pemain akademi Persita yang dipromosikan ke tim senior. Sebanyak tujuh pemain berbagai posisi bakal promosi ke Persita senior.

Persita saat ini berkekuatan 29 pemain. Jumlah tersebut diprediksi masih meningkat karena masih menyisakan dua slot pemain asing.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

PT LIB Akan Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021

Video Populer

Foto Populer