Sukses


Membedah 8 Peserta Piala Wali Kota Solo: Persib, Arema, dan Tim Selebriti Liga 2

Bola.com, Solo - Stadion Manahan Solo kembali punya hajatan sepak bola bergengsi, yaitu turnamen pramusim bertajuk Piala Wali Kota Solo 2021. Turnamen ini dihelat pada 20 hingga 26 Juni mendatang.

Setidaknya ada delapan klub yang ambil bagian dan bersaing di turnamen ini. Empat tim Liga 1 dan empat tim Liga 2. Antara lain Persib Bandung, Bali United, Arema FC, dan Bhayangkara FC, menjadi wakil tim dari Liga 1.

Sementara perwakilan dari kasta Liga 2 yang sedang menjelma sebagai tim raksasa juga siap meramaikan. Selain tuan rumah Persis Solo yang dipimpin oleh Kaesang Pangarep, ada juga Rans Cilegon FC milik Raffi Ahmad kemudian PSG Pati yang kini dipimpin oleh Atta Halilintar.

Turnamen ini digelar dengan format sistem gugur, sesuai dengan bagan dipastikan tim Liga 1 dan 2 berjumpa di laga finalnya. Dalam drawing yang disusun, tuan rumah Persis Solo akan berjumpa dengan PSG Pati, lalu Rans Cilegon bertemu Dewa United.

Kemudian empat tim Liga 1 akan saling sikut, Persib melawan Arema FC dan Bali United kontra Bhayangkara FC. Cukup menarik mengintip peta kekuatan yang ada pada masing-masing tim peserta Piala Wali Kota Solo. Berikut ulasannya versi Bola.com:

Video

2 dari 8 halaman

Arema FC

Arema FC selalu menghadirkan kekuatan penuh dan kompetitif di kasta tertinggi. Arema diisi oleh pemain-pemain matang dan penuh pengalaman.

Kali ini Arema FC dibesut oleh pelatih baru Eduardo Almeida asal Portugal. Ia ditunjuk setelah tim Singo Edan babak belur di ajang Piala Menpora 2021.

Arema juga dalam suasana baru setelah masuknya investor Juragan 99, Gilang Widya Premana yang sedang membuat tim pujaan Aremania tampil beda.

Arema masih akan tetap dipimpin oleh wajah-wajah selamanya dan belum memainkan atau mendatangkan pemain asing baru pemain seperti Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Hanif Sjahbandi hingga John Alfarizi menjadi tumpuan Singo Edan, serta rekrutan terbarunya, Diego Michiels.

3 dari 8 halaman

Bhayangkara FC

Tim berjulukan The Guardians ini masih dalam daftar tim yang paling diperhitungkan di persaingan Liga 1. Hasil minor saat tampil di piala Menpora kemarin tak membuat anak asuh Paul Munster dipandang sebelah mata.

Bhayangkara FC tetaplah tim dengan komposisi pemain mewah dan disebut-sebut sebagai miniatur Timnas di piala Walikota Solo Bhayangkara FC akan kembali mengandalkan pemain-pemain terbaiknya seperti Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi, Andik Vermansyah, Anderson Salles, dan ujung tombak Ezechiel N'Douassel.

Kekuatan Bhayangkara FC kembali bertambah dengan kembalinya demain pilar Timnas yang baru saja tampil di kualifikasi piala dunia 2022, Evan Dimas dan Adam Alis.

4 dari 8 halaman

Persib Bandung

Berstatus runner-up Piala Menpora 2021, Maung Bandung masih akan menebar ancaman bagi lawan-lawannya. Di bawah naungan pelatih Robert Albert, Persib tetap menjadi unggulan.

Karena tidak banyak perubahan dalam skema permainan maupun komposisi pemain. Persib masih akan mengandalkan nama-nama seperti saat tampil di piala Menpora kemarin, I Made Wirawan, Victor Igbonefo, Febri Hariyadi Frets Butuan, Ezra Walian, dan bomber ganas wander Luiz siap menebar teror bagi lawan-lawannya.

Sama seperti tim-tim Liga 1 lainnya, Persib Bandung akan memanfaatkan ajang Piala Wali Kota Solo ini untuk memanaskan mesin karena kompetisi tinggal menyisakan waktu kurang dari satu bulan ke depan.

5 dari 8 halaman

Persis Solo

Merupakan tim yang sedang mendapat sorotan tajam dari seluruh pesaingnya menjelang bergulirnya Liga 2 2021. Persis Solo menjelma sebagai tim terkuat saat ini di kasta kedua,.setelah masuknya sosok Kaesang Pangarep dan Erick Thohir untuk mengelola tim ini.

Gerak cepat pun dilakukan oleh tim berjuluk Laskar Sambernyawa yang sampai saat ini sudah memiliki 37 pemain. Sebagian adalah nama-nama beken baik jebolan dari tim Liga 1 maupun maupun berlabel eks Timnas sebut saja Wahyu Tri Nugroho, Eky Taufik, Miftahul Hamdi, Alberto Goncalves, Marinus Manewar, dan Irfan Jauhari.

Persis juga masih ingin berburu pemain baru, beberapa nama santer dikabarkan bergabung seperti bek PSS, Fabiano beltrame dan Abduh Lestaluhu asal Persikabo, dikabarkan selangkah lagi datang. Faktor tuan rumah dengan bermain di Stadion Manahan, juga akan membuat motivasi anak asuh Eko purjianto ini berlipat.

6 dari 8 halaman

RANS Cilegon FC

Rans Cilegon FC adalah kekuatan baru di Liga 2, sebuah tim yang dipimpin oleh Raffi Ahmad membuat Rans Cilegon FC bakal menjadi pesaing tim-tim tradisi lainnya.

Beberapa punggawa andalan Rans Cilegon FC sudah disiapkan seperti Hamka Hamzah Rendy Juliansyah, Cristian Gonzales, Syamsir Alam serta rekrutan terbaru Patrich Wanggai, membuat klub ini cukup mewah secara komposisi tim.

Rans Cilegon FC juga akan memanfaatkan turnamen piala Wali Kota Solo sebagai ajang pemanasan. Sebelumnya tim ini sudah melakoni uji coba termasuk saat kalah telak 26 dari tuan rumah Arema FC.

7 dari 8 halaman

Dewa United

Klub sepak bola Indonesia yang berdiri pada 22 Februari 2021 didirikan oleh Rendra Soedjono dan Kevin Hardiman setelah mengakusisi saham klub Liga 2 yaitu Martapura FC.

Dewa United masuk daftar tim yang diperhitungkan dalam Liga 2 nanti, setelah menunjuk nama Kas Hartadi sebagai pelatih kepala dengan segudang pengalamannya.

Beberapa pemain langsung diikat kontrak dan menjadi andalan tim ini yang mayoritas adalah bintang-bintang dari Liga 2. Rishadi Fauzi, Slamet Budiyono, Rangga Muslim, Bayu Nugroho, Shahar Ginanjar, dan pemain naturalisasi Herman Dzumafo adalah pilar Dewa United.

Sebelum tampil di piala Walikota Solo United melakoni serangkaian uji coba dan pemusatan latihan di Solo dan Yogyakarta. Sempat berujicoba dengan Borneo FC, Persita Tangerang, dan Persik Kediri.

8 dari 8 halaman

PSG Pati

Tim pendatang baru di Liga 2 lainnya yang tidak dapat dianggap remeh. Tim yang awalnya bernama Putra Sunan Gresik ini diakuisisi oleh Saiful Arifin (wakil Bupati Pati). PSG kini berkolaborasi dengan Youtubers kenamaan Atta Halilintar, untuk memperkuat diri.

Secara komposisi pemain tim ini masih mencari susunan yang terbaik di bawah naungan pelatih Ibnu Grahan. Setelah skuad PSG diasah dengan matang kini masuk beberapa pemain baru, dua diantaranya adalah Nurhidayat dan Yudha Febrian.

PSG juga mencatatkan rangkaian hasil apik selama uji coba tim ini menahan imbang Bhayangkara FC 2-2 mengalahkan tim raksasa Persipura Jayapura 1-0, meski dua laga terakhir kalah dari Borneo FC dan PSIM Yogyakarta.

Video Populer

Foto Populer