Sukses


Alasan PT LIB Tetapkan Persija Vs PSS Jadi Laga Pembuka Liga 1 2021

Bola.com, Jakarta - Rencana PT Liga Indonesia Baru menghelat Liga 1 2021 masih on the schedule, sekalipun jumlah penderita Covid-19 di sejumlah kota tengah mengalami kenaikan. Kompetisi kasta elite Tanah Air bakal dibuka secara simbolis dengan mempertandingkan laga Persija Jakarta Vs PSS Sleman 

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dalam sesi konfrensi pers yang digelar di kantornya di Wisma Mandiri, Jakarta, pada Kamis (17/6/2021) mengungkapkan draf jadwal kompetisi sudah disebar ke seluruh klub kontestan.

Jadwal tersebut disesuaikan dengan format pertandingan yang telah ditentukan sebelumnya, yakni berjalan enam series di tiga kluster atau wilayah.

"Jadi, jadwal Liga 1 2021 sudah kami buat. Formatnya adalah series ada enam seri yang berada di tiga kluster," kata Sudjarno saat ditemui di Kantor PT LIB, Menara Mandiri, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

"Seri pertama di klaster satu. Seri kedua di kluster kedua. Seri ketiga di kluster ketiga. Seri keempat di kluster ketiga. Seri kelima di kluster kedua dan seri keenam di kluster satu,” ujar Sudjarno

“Kluster pertama itu akan diadakan di Jakarta-Bandung-Banten, klaster Kedua Jateng-DIY dan kluster ketiga Jawa Timur,” jelas Sudjarno.

Kompetisi rencananya akan dibuka laga pada 10 Juli mendatang dengan mempertandingkan laga Persija kontra PSS. Stadion Pakansari, Bogor, dipakai sebagai venue menghelat laga.

Untuk laga pembuka, PT LIB merencanakan juara Piala Menpora 2021, Persija Jakarta bertemu dengan PSS Sleman yang bergulir pada 10 Juli mendatang.

“Liga 1 akan mulai kick-off pada tanggal 10 Juli. Untuk laga pembuka, rencananya antara Persija Jakarta versus PSS Sleman. Ada sejumlah pertimbangan kenapa kami memilih duel tersebut sebagai pembuka kompetisi," tutur Sudjarno.

Sejatinya PT LIB ingin memilih juara bertahan, Bali United, sebagai tim yang secara simbolis mengawali kompetisi. "Tapi Bali United pada saat itu tengah bertanding di Piala AFC. Jadi tidak mungkin mereka bertanding di Liga 1," tuturnya.

Persija dipilih atas dasar mereka adalah tim yang baru saja memenangi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Sementara PSS, klub yang duduk di posisi tiga besar turnamen itu.

"Ada unsur hiburannya juga, PSS dan Persija kan belum pernah bersua di Piala Menpora lalu," papar Sudjarno.

 

2 dari 3 halaman

Jadwal Dibahas dalam Meeting Virtual

 Namun, Sudjarno menerangkan bahwa jadwal yang sudah dikirim ke klub masih belum final, lantaran masih menunggu masukan dari perwakilan klub-klub Liga 1.

Rencananya, PT LIB bakal mengadakan pertemuan secara virtual dengan perwakilan klub Liga 1 guna membahas jadwal, hak dan kewajiban, serta regulasi yang sudah dibuat pada Jumat (18/6/2021).

"Kami sudah buat jadwal juga hak dan kewajiban klub untuk dijadikan bahan disukis dalam rapat virtual besok," kata Sudjarno.

 

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer