Sukses


Membedah Konsep Bubble to Bubble Liga 1 2021

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2021/2022 akan digelar dengan format series dan bubble to bubble. Kompetisi rencananya diputar dalam enam seri di enam provinsi dan 16 stadion.

"Kami akan menggelar Liga 1 dengan format semi bubble to bubble dengan total enam seri bertanding di tiga klaster," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Seri pertama Liga 1 bakal bergulir di tiga provinsi sekaligus, yaitu Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Seri kedua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Seri ketiga di Jawa Timur.

Seri keempat masih di Jawa Timur, seri kelima di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan seri keenam kembali ke Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Perubahan terjadi pada seri pertama. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk tidak memakai stadion yang ada di Jakarta. Praktis seri pertama akan digelar di Banten dan Jawa Barat.

"Untuk sementara, Stadion Utama Gelora Bung Karno memang masih belum kami pakai. Tapi, kami tetap berkomunikasi dengan pihak SUGBK, termasuk dengan Stadion Madya dan Stadion PTIK," ujar Sudjarno.

"Kami coba nanti di antara tiga stadion itu, jika perlu kami gunakan. Seri pertama Jakarta belum dipakai, tapi ada yang dekat-dekat seperti di Bekasi," jelasnya.

Dalam format yang digunakan dalam Liga 1 musim ini, setiap tim tidak akan bermain di homebase atau wilayahnya masing-masing. Contoh Persib Bandung, tidak bakal bertanding di Stadion Si Jalak Harupat atau Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Seri Pertama

Seri pertama Liga 1 2021/2022 bakal berlangsung pada 10 Juli-28 Agustus 2020. Seri ini berisikan delapan matchday. Partai PSS Sleman kontra Persija Jakarta akan menjadi pembuka di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Kedua tim dipilih untuk mengawali kompetisi atas dasar pencapaian di Piala Menpora 2021. PSS Sleman sebagai tim peringkat ketiga, sementara Persija Jakarta adalah klub juara.

PT LIB semula mau mempertemukan antara juara Liga 1 2019, Bali United dengan Persija Jakarta pada pertandingan pertama. Namun, tim berjulukan Serdadu Tridatu itu tidak bisa karena bermain di Piala AFC 2021.

"Tapi, Bali United pada saat itu tengah bertanding di Piala AFC. Jadi tidak mungkin mereka bertanding di Liga 1. Ada unsur hiburan juga, PSS Sleman dan Persija Jakarta kan belum pernah bersua di Piala Menpora," imbuh Sudjarno.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggunakan enam stadion untuk seri pertama. Dengan rincian, satu stadion di Banten dan lima stadion di Jawa Barat.

Keenam stadion tersebut meliputi Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

3 dari 6 halaman

Seri Kedua

Peserta mendapatkan waktu istirahat selama 12 hari setelah menuntaskan seri pertama Liga 1 2021/2022 menuju seri kedua di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Seri kedua akan berlangsung pada 9 September-2 Oktober 2021. Pertandingan dimulai pada pekan ke-9 hingga pekan ke-13.

Empat stadion dipilih untuk menjadi tuan rumah meliputi Stadion Manahan Solo, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sultan Agung Bantul, dan Stadion dr. H. Moch. Soebroto Magelang.

Jumlah matchday pada seri kedua yang lima pekan, lebih sedikit daripada seri pertama yang delapan pekan.

"Setiap tim akan bermain tujuh sampai delapan kali per seri. Setelah itu, istirahat selama 10-21 hari," terang Sudjarno.

4 dari 6 halaman

Seri Ketiga

Sama seperti peralihan antarseri pertama dan kedua, setiap kontestan Liga 1 juga diberikan waktu istirahat selama 12 hari sebelum beralih ke seri ketiga di Jawa Timur.

Seri ketiga bakal berlangsung pada 14 Oktober hingga 31 Oktober 2021. Seri ketiga akan menggelar empat matchday mulai dari pekan ke-14 sampai ke-17.

Enam stadion dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah seri ketiga, yaitu Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Stadion Brawijaya Kediri, Stadion Surajaya Lamongan, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Seri ketiga ini juga menjadi penutup putaran pertama sebelum seri keempat atau paruh kedua dimulai masih di lokasi yang sama.

"Format kompetisi tetap kandang dan tandang, namun tidak terlalu sulit. Kami sudah simulasikan," imbuh Sudjarno.

5 dari 6 halaman

Tanpa Penonton

Sudjarno juga memastikan peluang penonton untuk menghadiri Liga 1 musim ini telah tertutup akibat belum redanya wabah virus corona.

"Kompetisi untuk sepanjang musim ini tetap tanpa penonton. Kami ingin pandemi cepat selesai dan sepak bola membantu itu agar kompetisi tidak melahirkan klaster baru," tutur Sudjarno.

"Selama 2021/2022 sambil kami kaji dan insyaallah pada 2022/2023 sudah bisa dengan penonton. Semua akan disiapkan termasuk infrastruktur," jelasnya.

Selain itu, Sudjarno juga mengingatkan kepada semua peserta untuk ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. PT LIB juga disebutnya akan menanggung seluruh tes COVID-19 berupa swab antigen selama kompetisi bergulir.

"Kewajiban klub untuk menjaga protokol kesehatan. Klub juga mendapatkan akomodasi hotel, transportasi, hak komersial, dan tes swab antigen," ujar Sudjarno.

6 dari 6 halaman

Konsep Series di Liga 1 2021

Liga 1 2021

  • Waktu: Juli 2021-Maret 2022
  • Format: Seri
  • Total Seri: 6
  • Tuan Rumah: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur

Seri Pertama: Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat

  • Jadwal: 10 Juli-28 Agustus 2021
  • Jumlah Pekan: 8
  • Jumlah Stadion: 6
  • Stadion: Stadion Benteng Taruna Tangerang, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung.

Seri Kedua: Jawa Tengah

  • Jadwal: 9 September-2 Oktober 2021
  • Jumlah Pekan: 5
  • Jumlah Stadion: 4
  • Stadion: Stadion Manahan Solo, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sultan Agung Bantul, dan Stadion dr. H. Moch. Soebroto Magelang.

Seri Ketiga: Jawa Timur

  • Jadwal: 14 Oktober-31 Oktober 2021
  • Jumlah Pekan: 4
  • Jumlah Stadion: 6
  • Stadion: Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Stadion Brawijaya Kediri, Stadion Surajaya Lamongan, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Seri Keempat: Jawa Timur

Seri Kelima: Jawa Tengah dan Yogyakarta

Seri Keenam: Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat

Video Populer

Foto Populer