Sukses


PR Besar Bali United Jelang Liga 1 dan Piala AFC

Bola.com, Denpasar - Skuad Bali United sudah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (19/6/2021) setelah melakukan uji coba pramusim Tour de Java yang digagas mereka dengan menghadapi PSIM Yogyakarta, Persis Solo, dan Barito Putera.

Empat kali uji coba di Yogyakarta, Surakarta, dan Boyolali, Serdadu Tridatu mengemas dua kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Ada lini yang menjadi perhatian khusus dan harus segera dievaluasi, yakni pertahanan.

Dalam empat pertandingan, Bali United kebobolan lima gol dengan memasukkan lima gol juga. Jelas bukan sebuah catatan apik. Terlebih lawan-lawannya adalah tim penghuni Liga 2 2021. Satu lagi adalah Barito Putera yang menjadi kontestan Liga 1 2021.

Jika draft awal Liga 1 tidak berubah, Yabes Roni Malaifani dkk. akan menghadapi Persik Kediri di pekan pertama Liga 1 pada 12 Juli di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Saat pelatih Bali United, Stefano Teco Cugurra meninggalkan Pulau Dewata menuju Brasil karena urusan pribadi, duo asisten Antonio Claudio dan Yogi Nugraha wajib berperan penting membenahi permainan anak asuhnya.

Lini belakang bisa dikatakan menjadi milik Antonio Claudio atau karib disapa Toyo ini. Sebab, sebelum dia menjadi asisten pelatih berlisensi B AFC, Toyo adalah bek tengah tangguh dibeberapa klub besar Indonesia.

Dia wajib memiliki cara agar lini pertahanan lebih tangguh dan pemain belakang tidak melakukan emosi berlebih agar tidak hilang konsentrasi. Eks Asisten Pelatih Persija Jakarta tersebut membenarkan jika lini belakang perlu diperbaiki.

"Tour de Java memberikan banyak manfaat untuk kami sebagai tim pelatih. Banyak pekerjaan rumah yang harus kami benahi, salah satunya lini pertahanan Bali United. Makanya sangat baik dengan adanya ujicoba seperti ini sebelum Liga 1 dan Piala AFC," ungkapnya.

Video

2 dari 2 halaman

Komunikasi

Empat pertandingan Tour de Java, sebenarnya ada empat pemain Bali United yang tidak dimainkan. Mereka adalah Haudi Abdillah, Ricky Fajrin, M. Rahmat, dan Yabes Roni Malaifani.

Menurut Toyo, ada alasan mengapa mereka absen dalam rangkaian uji coba Serdadu Tridatu. Yabes masih dalam pemulihan cedera yang dialaminya saat internal game di Bali beberapa waktu lalu.

"Ricky Fajrin dan Rahmat sudah mulai ikut latihan bersama tim. Yabes masih cedera dan dalam tahapan (pemulihan) bersama fisioterapi. Haudi ada urusan keluarga," jelasnya. Selama ditinggal Teco menuju Negeri Samba, Toyo selalu berkomunikasi dengannya.

Tentu Toyo dan Yogi tidak bisa lepas dari Teco karena program latihan yang diberikan, Teco harus mengetahuinya. Termasuk perkembangan anak asuhnya di Bali United. Terkait kapan Teco kembali, Toyo masih belum bisa menjawab dengan pasti.

"Saya pasti selalu berkomunikasi dengan Coach Teco. Soal kapan Coach Teco kembali, saya belum tahu. Saya berharap urusan pribadinya disana (Brasil) bisa cepat selesai dan bisa bergabung dengan Bali United lagi," tutupnya.

Video Populer

Foto Populer