Sukses


Cerita Robbie Gaspar, Mantan Gelandang Persib Asal Australia yang Cinta Banget Sama Indonesia

Bola.com, Jakarta - Robbie Gaspar merupakan satu di antara pesepak bola asing yang pernah menjalani karier di Indonesia. Pria berusia 40 tahun tersebut tercatat delapan tahun merasakan ketatnya persaingan di kompetisi Indonesia.

Robbie Gaspar pertama kali tiba di Indonesia pada 2005 dan bergabung dengan Persita Tangerang. Dia tercatat tampil dalam 15 pertandingan dan mencetak dua gol bersama Persita.

Hanya setahun membela Tim Pendekar Cisadane, Robbie memilih hengkang ke Persiba Balikpapan pada 2006 sampai 2009. Pemain bernama lengkap Robert Mark Gaspar itu kemudian berseragam Persema Malang (2009-2011) dan Persib Bandung (2011-2012).

Meski tak sekalipun meraih trofi juara, Robbie Gaspar mengaku senang dengan perjalanan kariernya di Indonesia. Pesepak bola asal Australia itu pun mengaku jatuh cinta dengan Indonesia sejak pertama kali tiba.

"Ketika saya baru datang ke Indonesia, saya langsung jatuh cinta dengan Indonesia. Saya suka dengan suasana di Indonesia, karena selalu ada hal menarik, baik itu penonton di stadion, orang-orangnya, makanan, budaya, dan saya juga punya banyak teman di Indonesia," ujar Robbie Gaspar.

"Saya pernah bermain di Thailand, Myanymar, India, dan kembali ke Malaysia. Tetapi saya paling suka tinggal dan bermain di Indonesia, di dalam hati saya merasa seperti orang Indonesia. Saya sangat bangga dengan sepak bola Indonesia dan juga negaranya," lanjutnya dalam kanal YouTube Akurasi TV.

 

2 dari 3 halaman

Perkenalkan Bahasa dan Budaya Indonesia

Setelah hengkang ke klub negara lain dan akhirnya memutuskan pensiun pada 2016, kecintaan Robbie Gaspar akan Indonesia tak pernah luntur. Dia bahkan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia ke penduduk Australia.

"Saya dua tahun menjabat sebagai vice chairman di Balai Bahasa Indonesia Perth dan saya sudah mundur dari jabatan itu. Visi Balai Bahasa Indonesia Perth itu untuk mengedukasi masyarakat Australia tentang bahasa Indonesia. Di sana ada kelas untuk beginner, intermediate, advanceddan, untuk komunikasi," jelas Robbie yang pernah menjabat sebagai Exco APPI tersebut.

"Kegiatan itu juga untuk memperbaiki hubungan antara Indonesia dan Australia lewat bahasa. Kami juga mengajak orang-orang Australia untuk lebih mengenal bahasa dan budaya Indonesia," tambahnya.

"Sehingga akan semakin memudahkan bagi orang Australia untuk berkunjung atau menjalani bisnis di Indonesia. Dengan belajar bahasa Indonesia juga akan lebih menghormati budaya Indonesia," tukasnya.

Sumber: YouTube Akurasi TV

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer