Sukses


Rapor Penggawa Manchester United pada Fase Grup Euro 2020: Bruno Fernandes Melempem, David de Gea Cadangan Mati

Bola.com, Jakarta - Pagelaran Euro 2020 sudah berlangsung setengah jalan. Lalu bagaimana kiprah pemain Manchester United yang dipanggil oleh negaranya masing-masing di kompetisi tersebut?

Babak 16 besar Euro 2020 akan dimulai pada akhir pekan nanti. Beberapa negara besar seperti Italia, Belanda, Prancis dan Inggris ikut serta sebagai juara grupnya masing-masing, sementara Spanyol dan Jerman menyandang status runner-up.

Ada 13 pemain Manchester United yang mengikuti kompetisi ini. Namun, sebelum kompetisi dimulai, Donny van de Beek dan Mason Greenwood gugur lantaran mengalami cedera. Disusul Dean Henderson yang mengalami masalah pinggang.

Dengan demikian, pemain Manchester United yang tersisa adalah 10 orang. Kecuali Dylan Levitt yang belum bisa disebut sebagai pemain inti, berikut ini informasi soal kiprah sembilan penggawa the Red Devils di Euro 2020.

2 dari 11 halaman

1. Harry Maguire

Maguire bergabung dengan Timnas Inggris sembari membawa cedera yang dialami pada bulan Mei lalu ketika Manchester United bertemu Aston Villa. Alhasil, ia harus absen dalam dua pertandingan pertama fase grup Euro 2020.

Setelah pulih, Maguire bermain dalam laga terakhir Grup D melawan Republik Ceko di Wembley Stadium. Performanya cukup apik dengan catatan dua sapuan dan dua intersep selama pertandingan berlangsung.

3 dari 11 halaman

2. Daniel James

James merupakan salah satu anggota Timnas Wales yang berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai perwakilan Grup A bersama Italia. Pria berumur 23 tahun tersebut bermain dalam tiga pertandingan fase grup.

Sisi kiri penyerangan adalah area bermainnya. Sejauh ini, aksinya mengesankan dengan catatan delapan penciptaan peluang. Lebih banyak dari pemain lain yang terlibat dalam kompetisi ini.

4 dari 11 halaman

3. Luke Shaw

Shaw tampil dalam dua dari tiga pertandingan Inggris di fase grup, yakni ketika menghadapi Skotlandia dan Republik Ceko. Pada pertandingan terakhir, ia dinobatkan sebagai man of the match oleh Whoscored dengan rating 7.3.

Pemain berusia 25 tahun tersebut tampil cukup impresif, terutama dalam menjalankan perannya sebagai pemain bertahan. Ia melakukan satu kali tackling, dua sapuan serta tiga intersep seperti yang dicatat Whoscored.

5 dari 11 halaman

4. Marcus Rashford

Beda dengan Maguire, Rashford bergabung dengan skuat the Three Lions dalam keadaan sehat bugar. Sayang, ia melakoni ketiga pertandingan di fase grup dengan status pengganti pada babak kedua.

Minimnya kesempatan bermain membuat Rashford kesulitan memberikan dampak besar. Besar kemungkinan ia bakalan kembali duduk di bangku cadangan ketika Inggris bertemu Jerman di babak 16 besar nanti.

6 dari 11 halaman

5. David De Gea

Tahun 2021 tidak bersahabat dengan De Gea. Di Manchester United, posisinya mulai direbut Dean Henderson yang tampil cukup impresif ketika dirinya harus absen untuk menemani sang istri lahiran.

Sekarang posisinya di Timnas Spanyol juga direnggut oleh kiper Athletic Bilbao, Unai Simon. De Gea tidak diturunkan dalam tiga pertandingan yang dijalani La Furia Roja di fase grup, dan besar kemungkinan bakalan absen di laga 16 besar nanti.

7 dari 11 halaman

6. Scott McTominay

Jebolan akademi Manchester United ini tampil dalam ketiga pertandingan Skotlandia di Grup D. Namun penampilan yang paling mengesankan terlihat ketika Skotlandia menghadapi Inggris pekan lalu.

McTominay, yang aslinya merupakan seorang gelandang, tampil sebagai bek dalam formasi 3-4-1-2. Ia berhasil menetralisir aksi Harry Kane dkk sehingga Skotlandia mampu meraih satu-satunya poin di kompetisi ini.

8 dari 11 halaman

7. Bruno Fernandes

Tidak bisa dimungkiri kalau Bruno Fernandes adalah penampil terbaik Manchester United di musim 2020/21. Sayangnya, ia tak mampu menunjukkan performa serupa saat mengenakan jersey Portugal.

Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, pernah mengkritiknya seperti ini: "kami harus bermain dengan 11 orang. Dalam kedua laga itu, Bruno Fernandes berada di lapangan namun tidak bermain," katanya kepada talkSPORTS.

9 dari 11 halaman

8. Paul Pogba

Banyak yang sepakat kalau Pogba tampil jauh lebih gemilang ketika memperkuat TImnas Prancis ketimbang Manchester United. Pernyataan itu kembali terbukti oleh aksi-aksinya di sepanjang pagelaran Euro 2020 ini.

Ia memainkan peran krusial ketika Les Blues bertemu Jerman di matchday pertama. Umpannya yang apik membuat bek Die Panzer, Mats Hummels, terpaksa menanggung malu karena mencetak gol bunuh diri di menit ke-20.

10 dari 11 halaman

9. Victor Lindelof

Ketika di Manchester United, sinar Lindelof selalu terhalang oleh Harry Maguire yang aksinya selalu dinantikan oleh publik. Namun beda ceritanya dalam ajang Euro 2020, di mana dirinya menjadi protagonis di balik kesuksesan Swedia keluar sebagai juara Grup E.

Aksinya yang paling mengesankan terlihat ketika menghadapi Spanyol pekan lalu. Ia membuat enam sapuan, dua blokade dan menjelajahi lapangan sejauh 9.8 kilometer. Ia juga tidak melakukan satupun pelanggaran di pertandingan tersebut.

11 dari 11 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer