Sukses


PSSI Masih Minat Jadi Tuan Rumah, tapi AFC Segera Batalkan Piala AFC 2021 Zona ASEAN

Bola.com, Jakarta - PSSI masih berminat untuk menjadi tuan rumah Piala AFC 2021. Namun, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah terlanjur berencana untuk membatalkan sejumlah grup di babak penyisihan.

"AFC memang masih menunggu kesediaan dari federasi klub peserta," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com, Senin (6/7/2021).

"PSSI masih tetap berharap untuk menjadi tuan rumah tapi tentu menunggu perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia," jelas Yunus Nusi.

Melalui lamannya pada Senin (5/7/2021), AFC lewat Komite Eksekutif (Exco) AFC mengumumkan beberapa kebijakan terkait perubahan format Piala AFC dan Liga Champions Asia tahun ini dan tahun depan.

AFC tetap akan melanjutkan Piala AFC 2021 untuk tim-tim yang telah bertanding di babak penyisihan.

Dari Grup A-J, empat grup di antaranya belum dimainkan karena ketiadaan tuan rumah. Bali United di Grup G dan Persipura di Grup H menjadi dua grup yang tidak kunjung bergulir. Dua grup lainnya adalah Grup D dan Grup I.

Exco AFC bakal membatalkan sejumlah grup tersebut dengan alasan force majeure atau keadaan kahar. "Diputuskan bahwa Piala AFC akan dilanjutkan dengan sisa pertandingan dan grup sebanyak mungkin," tulis AFC dalam lamannya.

Sementara pada saat yang sama, pertandingan di semua tahap yang tidak dapat dimainkan karena pandemi COVID-19 akan dibatalkan dan pembatalan diakui sebagai peristiwa force majeure," lanjut keterangan itu. 

2 dari 3 halaman

AFC Disebut Masih Berharap

Yunus mengatakan, AFC masih berharap ada federasi yang mau menjadi tuan rumah Piala AFC. Sebelumnya, PSSI telah mempersiapkan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, untuk menjadi venue sejumlah babak penyisihan.

"AFC masih berharap ada federasi yang maju menjadi tuan rumah babak penyisihan Piala AFC," tutur Yunus Nusi. "Namun, mereka tidak memberitahu batasnya sampai kapan," jelasnya.

Namun, markas Bali United itu malah jadi klaster baru COVID-19. Saat ini, Stadion Kapten I Wayan Dipta masih dalam tahap pemugaran untuk Piala Dunia U-20 2023 sejak Juli tahun lalu.

Sekitar 18 pekerja proyek revitalisasi itu positif virus corona pada akhir Juni 2021. Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Satgas COVID-19 Gianyar terpaksa menutup renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta untuk sementara waktu.

PSSI mendapatkan tawaran dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menjadi tuan rumah penyisihan grup Piala AFC 2021 setelah Singapura menarik diri karena pandemi COVID-19 di negara tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer