Sukses


Liga 1 Belum Ada Kejelasan, Optimisme Persib Masih Terjaga

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, tetap optimistis dengan pasukannya dalam menatap kompetisi Liga 1 2021/2022 meski terus tertunda pelaksanaannya. 

Liga 1 belum bergulir kembali sejak Maret 2020 lantaran pandemi COVID-19 yang belum terkendali sepenuhnya hingga saat ini. PT LIB selaku operator berencana menggelar kickoff Liga 1 pada pertengahan Agustus 2021.

"Kami selalu optimistis dengan tim, dengan kekuatan yang kami miliki. Kami selalu optimistis dengan kemungkinan untuk menjadi juara," ujar pelatih Persib Bandung, Robert Albert, saat dihubungi awak media Minggu (18/7/2021).

Rasa optimistis itu diakui Robert sudah dibangun di dalam tim Persib, tepatnya sejak musim 2020. Saat itu, liga berjalan singkat dan Persib berada di jalur yang tepat. Namun, liga akhirnya terhenti karena pandemi. 

"Kami adalah tim yang dalam tiga pertandingan mendapatkan hasil terbaik, spirit di dalam tim sangat bagus. Karena di masa pramusim, kami bersama-sama dan saat kickoff bisa memenangi tiga laga," kata Robert.

"Kini tentunya banyak hal yang kami tidak tahu. Di  berbagai belahan dunia mayoritas pramusim dimulai dengan berlatih dan tim tahu kapan waktu kick off Liga, itu yang tidak kami tahu. Itu terjadi sejak tahun lalu di bulan Maret liga dihentikan," tambah Robert.

Robert mengatakan saat ini ia dan pasukannya hanya menunggu kapan kickoff Liga 1 2021/2022 setelah tertunda beberapa kali karena situasi dan kondisi akibat Covid-19.

Menurut Robert, Covid-19 tidak akan pernah menghilang, sejak mulai menyerang pada Maret 2020, bahkan juga di dunia. Tetapi negara lain sudah mengambil tindakan untuk menangani ini, sehingga olahraga profesional masih bisa berlangsung meski ada COVID.

"Memang benar orang-orang bisa terpapar, karena Covid-19 masih ada dan orang masih bisa terpapar meskipun sudah melakukan segala macam upaya untuk melindungi diri dan tim. Tapi semua harus menghadapinya, ini bagian dari situasi yang harus diterima," tegas pelatih Persib Bandung asal Belanda itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Harapan Robert Alberts

Robert mengatakan sebagai atlet profesional yang berkecimpung di olahraga tentu paham apa yang dibutuhkan, berperilaku disiplin, dan mengkukur kesehatan.

"Dan kami sudah melakukan itu di turnamen, ketika kami terpaksa mengikuti Piala Menpora 2021. Kami mengikuti protokol kesehatan dan izin akan diberikan. Tapi apa yang sudah kami jalankan sebagai profesional, ternyata masih belum membuat kami bisa memulai liga," tutur Robert.

"Tapi kami hidup di lingkungan yang punya perbedaan pandangan dengan orang di belahan dunia lain. Dan jika kami berada di sini, maka kami harus menerimanya dan harus melanjutkan itu," cetus Robert.

Pelatih berusia 66 tahun ini berharap pihak otoritas bisa mendenger suara dari para pegiat dan pencinta sepak bola karena sepak bola juga bagian dari masyarakat.

Video Populer

Foto Populer