Sukses


2 Mantan Manchester United yang Pernah Singgah di Kompetisi Indonesia, Ada yang Bisa Menebak?

Bola.com, Jakarta - Manchester United memiliki penggemar yang melimpah di Indonesia. Jadi, jangan kaget jika ada kehebohan ketika mantan pemain Setan Merah bermain di Tanah Air.

Kondisi ini nyata pernah terjadi. Di kompetisi Indonesia, setidaknya ada dua mantan pemain Manchester United yang pernah mampir bermain. Siapa mereka?

Dua pemain tersebut adalah Eric Djemba-Djemba dan Amancio Fortes.

Namun, Eric Djemba-Djemba dan Amancio Fortes benar-benar pernah berjersey Setan Merah. Saat berkiprah di kompetisi Indonesia, keduanya sama-sama berkostum Persebaya Surabaya yang ketika itu terpecah menjadi dua, Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL).

Lantas, bagaimana kisah keduanya saat bermain di Liga Indonesia? Berikut perjalanan Eric Djemba-Djemba dan Amancio Fortes sebagai bekas pemain Manchester United yang berkiprah di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Eric Djemba-Djemba

Pemain asal Kamerun ini didatangkan Manchester United dari Nantes pada musim panas 2003. Manajer Setan Merah ketika itu, Sir Alex Alex Ferguson memandang Eric Djemba Djemba bisa mengisi lapangan tengah yang baru ditinggal pensiun Roy Keane.

Tapi di Manchester United, Eric Djemba-Djemba hanya bertahan dua musim pada 2003-2005. Catatannya, hanya bermain dalam 20 pertandingan.

Fakta tersebut memperlihatkan jika pemain yang sekarang berusia 40 tahun itu sulit bersaing mendapatkan tempat utama dalam skuad Setan Merah. Pada akhirnya, Eric Djemba-Djemba dijual ke Aston Villa (2005), lalu musim panas 2007 dipinjamkan ke Burnley.

Lepas dari Liga Inggris, nama Eric-Djemba Djemba meredup. Ia banyak berpindah klub, mulai Qatar SC, Odense Boldklub, Hapoel Tel Aviv, Partizan, St Mirren, hingga Chennaiyan.

Kemudian pada 2015, Persebaya yang bermain di ISL merekrutnya. Sayangnya belum sampai memainkan laga pertama alias debut, sepak bola Indonesia keburu disanksi FIFA karena intervensi pemerintah terhadap PSSI.

3 dari 3 halaman

Amancio Fortes

Sosok ini belum sampai merasakan tim utama Manchester United. Tapi, nuansa Setan Merah sudah kental dalam dirinya karena pada 2006-2007 pernah masuk tim remaja.

Ceritanya saat itu, Amancio Fortes bermain di tim muda Real Massama di Portugal. Kemudian tim pemandu bakat Manchester United tertarik dan membawanya dengan status pinjaman.

Sayangnya, pemain yang bermain di posisi gelandang itu kalah bersaing. Amancio Fortes gagal masuk tim utama Manchester United, dan setelah itu dijual Real Massama ke Uniao Madeira.

Perkenalan Amancio Fortes dengan Indonesia terjadi saat muncul Breakaway League, Liga Primer Indonesia (LPI). Gelandang asal Angola ini direkrut Semarang United pada 2011.

Setahun berikutnya, Amancio Fortes direkrut Persebaya yang bermain di IPL. Tapi kompetisi itu tak berjalan mulus.

Pada 2013, Amancio Fortes membela PSIS Semarang di Divisi Utama Liga Indonesia. Namun, kariernya tidak berlangsung lama. Dia kembali ke Eropa beberapa bulan berselang.

Saat ini, Amancio Fortes masih aktif bermain. Terakhir, ia memperkuat klub Polandia, Radomiak Radom.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Serafin Unus Pasi published Senin 19/7/2021)

Video Populer

Foto Populer