Sukses


Liga 1: Demi Persija, Angelo Alessio Janji Pelajari Bahasa Indonesia

Bola.com, Jakarta - Angelo Alessio masih belum memahami bahasa Indonesia. Untungnya, pelatih Persija Jakarta ini fasih berbicara bahasa Inggris. Alhasil komunikasinya dengan Riko Simanjuntak dkk. tetap lancar.

Selain itu, Alessio juga bisa memanfaatkan para asistennya. Sejauh ini, instruksi darinya kepada para pemain Persija Jakarta masih mulus.

"Saya punya staf pelatih dan mereka sudah mengenal para pemain. Jadi bahasa tidak akan menjadi masalah," kata Alessio dinukil dari laman klub.

Selama latihan Persija Jakarta sebelum Pemberlakukan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat atau Level 4, Alessio kerap menurunkan perintahnya kepada pemain lewat asistennya, Sudirman.

Sejumlah pemain senior juga turut membantu menerjemahkan apa yang keluar dari mulut Alessio ke Bahasa Indonesia.

Namun, Alessio tidak mau menyerah dengan keadaan. Pekerjaannya saat ini menuntunya untuk bisa memahami bahasa Indonesia. Mantan asisten Antonio Conte itu berjanji akan mempelajarinya. "Saya akan mencoba mempelajari bahasa Indonesia," jelas Alessio.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Fokus Alessio

Untuk saat ini, fokus Alessio adalah mematangkan persiapan Persija Jakarta untuk Liga 1 musim ini.

Meski begitu, nasib kompetisi masih belum jelas. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunggu rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelum memulai Liga 1.

"Fokus saya saat ini adalah mempersiapkan taktik agar para pemain dapat menerapkan game plan yang disiapkan," imbuh Alessio.

Persija menjadi klub di luar Eropa pertama yang ditangani Alessio. Sebelumnya, pria berusia 56 tahun itu malang melintang di Italia, Inggris, dan Skotlandia.

Video Populer

Foto Populer