Sukses


PSSI Ngotot Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021, Memang Rekomendasi BNPB Sudah Keluar?

Bola.com, Jakarta - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) ngotot untuk memutar Liga 1 musim ini pada 20 Agustus 2021. Namun dalam rilisnya, kedua belah pihak tidak memuat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Padahal, dalam wawancaranya dengan CNN Indonesia TV pada 27 Juli 2021, Mochamad Iriawan selaku Ketua PSSI mengatakan pihaknya membutuhkan rekomendasi dari BNPB untuk memulai Liga 1.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan bahwa surat dari BNPB untuk menunda kompetisi telah berakhir pada akhir bulan lalu.

"Surat awal dari BNPB untuk menunda kompetisi itu sampai 31 Juli 2021. Kami merujuk surat BNPB yang terakhir," kata Lukita kepada Bola.com, Selasa (3/8/2021).

Sebelumnya, BNPB meminta PSSI dan PT LIB untuk menjadwalkan ulang kick-off kompetisi hingga akhir Juli 2021 karena gelombang kedua pandemi COVID-19, disusul Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Sesuai isi suratnya per 28 Juni 2021, BNPB meminta Liga 1 untuk ditangguhkan hingga 31 Juli 2021. Artinya lewat dari tenggat tersebut, permohonan itu tidak berlaku lagi. Lantas, apakah PSSI dan PT LIB masih butuh rekomendasi dari lembaga pemerintahan itu untuk menggulirkan kompetisi?

"Saya tidak bilang tidak perlu lho, ya," imbuh Lukita. "Sepertinya, komunikasi antara PSSI dengan BNPB masih berjalan," terangnya, terkait rekomendasi dari BNPB untuk kompetisi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Setelah Berkoordinasi dengan Menpora dan Mabes Polri

PSSI memutuskan untuk menggelar Liga 1 2021 di tengah pandemi setelah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dan Mabes Polri.

"PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 musim ini harus bergulir. Kami masih konsisten pada 20 Agustus 2021, kompetisi bakal dimulai," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

Yunus Nusi menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan perwakilan peserta Liga 1 dalam waktu dekat. Pihaknya juga memastikan kompetisi bakal berjalan tanpa penonton.

"Untuk itu dalam waktu dekat, kami akan menggelar pertemuan tatap muka dengan seluruh perwakilan klub Liga 1," tutur mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) tersebut.

"Tentu, kompetisi untuk sementara waktu akan digelar tanpa penonton. Kami akan melihat perkembangan ke depan apakah bisa ada penonton dengan kapasitas tertentu atau tidak," imbuh Yunus Nusi.

Video Populer

Foto Populer