Sukses


Liga 1 Belum Dapat Izin dari Polri, Begini Respons PT LIB

Bola.com, Jakarta - Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto menyatakan bahwa pihaknya belum mengizinkan Liga 1 musim ini untuk dimulai pada 20 Agustus 2021.

Mabes Polri masih menunggu rekomendasi dari Satgas COVID-19 sebelum menerbitkan izin keamanan untuk Liga 1.

"Belum. Mabes Polri prinsipnya menunggu konfirmasi dari Satgas COVID-19. Kan harus ada rekomendasi pelaksanaan di sana," kata Imam Sugianto dinukil dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Imam Sugianto berjanji, jika rekomendasi dari Satgas COVID-19 telah keluar, pihaknya juga bakal memberikan izin untuk Liga 1.

"Yang kedua, terkait dengan wilayah pelaksanaan. Nanti Satgas COVID-19 yang merekomendasikan seperti apa. Kalau itu sudah oke, Mabes Polri tidak ada alasan untuk tidak membantu mengeluarkan izin," imbuh Imam Sugianto.

Ketika dikonfirmasi terkait izin kepolisian yang belum turun, Sudjarno selaku Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatakan bahwa PSSI masih berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait rekomendasi untuk Liga 1.

Saat ini, BNPB dipimpin oleh Ganip Warsito, yang juga merangkap sebagai Ketua Satgas COVID-19.

"Rekomendasi dari BNPB yang saat ini sedang dikomunikasikan oleh PSSI," ujar Sudjarno, singkat kepada Bola.com, Kamis (5/8/2021).

Namun, Sudjarno tidak lagi merespons ketika ditanya lebih jauh mengenai kabar kepolisian belum memberikan izin untuk Liga 1.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Sebenarnya, Izin untuk Liga 1 Sudah Keluar

Jika benar kepolisian belum mengizinkan Liga 1 untuk bergulir pada 20 Agustus 2021, artinya ada indikasi perubahan kebijakan dari Mabes Polri di tengah gelombang kedua pandemi COVID-19.

Pada 31 Mei 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah resmi mengeluarkan izin untuk Liga 1, yang kala itu masih dijadwalkan digelar pada 9 Juli 2021.

"Dari beberapa diskusi maka kami memutuskan dengan beberapa catatan keselamatan manusia adalah hukum tertinggi yang harus ditegakkan," kata Listyo Sigit.

"Oleh karena itu, dari hasil diskusi, kami memutuskan untuk memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," imbuhnya.

Bola.com telah mencoba mengonfirmasi perihal kabar kepolisian menahan izin Liga 1 kepada Sekjen PSSI, Yunus Nusi, namun belum mendapatkan respons.

Video Populer

Foto Populer