Sukses


Mengulik Kondisi dan Kesiapan 3 Provinsi yang Jadi Tuan Rumah Seri Pertama BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Liga 1 musim ini akan dimulai pada 20 Agustus 2021. Tiga provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat bakal menjadi tuan rumah seri pertama kompetisi.

"Kompetisi musim ini tetap berlangsung dengan format series. Ada seri pertama hingga keenam dalam tiga klaster. Ini masih sesuai rencana awal," kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Sudjarno mengatakan belum bisa menentukan tuan rumah untuk seri kedua dan ketiga Liga 1.

PT LIB bakal melihat perkembangan seri pertama di Banten, DKI, dan Jawa Barat dan situasi pandemi COVID-19 sebelum memilih tuan rumah untuk seri kedua.

"Seri pertama digelar pada klaster Banten, DKI Jakarta, dan sebagian Jawa Barat. Untuk seri kedua dan berikutnya, tergantung evaluasi nantinya seperti apa," imbuh Sudjarno.

Dalam konsep series sebelum sepak mula kompetisi diundur, seri kedua Liga 1 diproyeksikan di Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta dan seri ketiga di Jawa Timur.

Masih dalam rancangan tersebut, Jawa Timur akan menjadi tuan rumah seri keempat, Jawa Tengah dan DIY sebagai lokasi seri kelima, dan seri keenam kembali ke Banten, DKI, dan Jawa Barat.

Masih pada konsep series itu, PT LIB berencana memakai delapan stadion di Banten, DKI, dan Jawa Barat sebagai venue seri pertama Liga 1.

Kedelapan stadion tersebut meliputi Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion PTIK, Jakarta, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Namun, dalam penerapannya nanti, PT LIB mencari stadion dengan daerah minim kasus COVID-19 untuk menjadi tuan rumah seri pertama.

"Terkait zona aman, apakah zona hijau, oranye, atau merah, kami berpegang terhadap situasi terkait dengan sinyal melandainya virus corona," jelas Sudjarno.

"Kami paham bahwa pandemi ini memang masih ada. Tapi, ketika sudah mulai melandai, itu menjadi evaluasi kami sehingga kami menggelar kompetisi," tuturnya.

Bagaimana dengan kondisi dan kesiapan masing-masing daerah untuk menjadi tuan rumah seri pertama Liga 1?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Banten

Satu daerah di Banten akan menjadi tuan rumah Liga 1 2021. Seri pertama kompetisi bakal dimainkan di Stadion Benteng Taruna, Kabupaten Tangerang.

Secara situasi, Kabupaten Tangerang masih masuk zona merah COVID-19 dengan status risiko tinggi berdasarkan data Satgas COVID-19 di websitenya per Kamis (5/8/2021) pukul 18.00 WIB.

Sejak tiga hari terakhir, kasus baru virus corona di Kabupaten Tangerang terus menurun berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Tangerang di lamannya.

Kabupaten Tangerang mencatatkan 247 kasus COVID pada 2 Agustus, 108 kasus pada 3 Agustus 2021, dan 22 kasus pada Agustus 2021.

Jika melihat tren kasus positif COVID-19 yang terjun bebas, Kabupaten Tangerang cukup aman untuk menjadi tuan rumah seri pertama Liga 1.

3 dari 4 halaman

DKI Jakarta

Ada dua stadion di Jakarta yang memungkinkan menjadi tuan rumah seri pertama Liga 1. Kedua stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Stadion PTIK.

Dua wilayah di Jakarta, Jakarta Timur dan Utara masih masuk zona merah, sedangkan Jakarta Selatan, Pusat, dan Barat zona oranye dengan tingkat risiko sedang.

Adapun, SUGBK berlokasi di Jakarta Pusat dan PTIK di Jakarta Selatan yang masuk zona oranye.

Kasus COVID-19 di Jakarta masih turun naik. Kasus sempat mencapai puncaknya pada 12 Juli 2021 dengan jumlah 14.622 orang terpapar virus corona. Namun, jumlahnya menurun drastis seiring berjalannya waktu. Pada 2 Agustus 2021, misalnya, Jakarta mencatatkan 1.410 kasus.

Namun, dalam dua hari terakhir, kasus di Jakarta kembali naik, tapi tidak terlalu signifikan, menjadi 1.601 kasus pada 3 Agustus 2021 dan 2.981 pada 4 Agustus 2021.

Jika data ini konsisten dan bahkan menurun, bukan tidak mungkin Jakarta dicap aman untuk menggelar seri pertama Liga 1.

4 dari 4 halaman

Jawa Barat

Lima stadion di Jawa Barat disiapkan sebagai venue seri pertama Liga 1. Kelimanya yaitu Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Namun, ada kekhawatiran karena beberapa stadion tersebut pernah dan masih menjadi lokasi vaksinasi COVID-19 seperti Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Pakansari.

Pada 8 Juli 2021, misalnya, sekitar 50 ribu orang memadati Stadion Patriot untuk mendapatkan vaksinasi.

Sampai saat ini, di Stadion Pakansari bahkan masih rutin menjadi lokasi vaksinasi untuk warga Kabupaten Bogor.

Jika masih menjadi lokasi vaksinasi, kedua stadion itu dipastikan tidak bisa menjadi tuan rumah untuk seri pertama Liga 1.

Sementara itu, Stadion Wibawa Mukti, GBLA, dan Si Jalak Harupat masih relatif aman sebagai venue seri pertama Liga 1.

Video Populer

Foto Populer