Sukses


Profil Klub BRI Liga 1: Persija, Punya Segalanya untuk Merengkuh Gelar Juara

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta merupakan kandidat kuat dalam perburuan gelar BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu punya segalanya untuk bersaing gelar musim ini.

Persija Jakarta mengalami perkembangan pesat dalam percaturan sepak bola Indonesia. Itu tak terlepas dari keseriusan manajemen dalam mendatangkan pemain dan pelatih berkualitas.

Kesuksesan Persija dalam beberapa tahun terakhir bermula dari Piala Presiden 2018. Ketika itu, Persija berhasil menjadi juara setelah mendatangkan Marko Simic dan Riko Simanjuntak.

Setelah itu, kesuksesan Persija menemui klimaks saat menjadi juara Liga 1 2018. Gelar itu menjadi yang pertama di liga dalam 17 tahun terakhir setelah 2001.

Namun, Persija mengalami kemunduran karena ditinggal pelatih Stefano Cugurra Teco yang merapat ke Bali United. Persija yang telah menggunakan jasa Ivan Kolev, Julio Banuelos, hingga Edson Tavares gagal tampil gemilang dan finis ke-10 pada klasemen akhir.

Pada Liga 1 2020, Persija kemudian menggunakan jasa Sergio Farias. Namun, kompetisi keburu dihentikan pada pekan ketiga karena pandemi COVID-19. Posisi Persija ketika itu adalah urutan kesembilan dengan koleksi empat poin hasil sekali kemenangan, sekali imbang.

Persija Jakarta kemudian bangkit pada Piala Menpora 2021. Bersama pelatih interim, Sudirman, klub ibu kota berhasil menjadi juara. Faktor inilah yang membuat Persija tak bisa dipandang sebelah mata dalam perburuan gelar BRI Liga 1 2021/2022.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Pemain Bintang

Marko Simic diyakini masih akan menjadi andalan Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021/2022. Pemain asal Kroasia itu dikenal sebagai penyerang dengan kemampuan lengkap yang andal mencetak gol.

Kesuksesan Persija dalam beberapa tahun terakhir tak bisa dipisahkan dari peran Marko Simic. Sejauh ini, Simic sudah mencetak 47 gol dalam 64 pertandingan di Liga 1 sejak 2018.

Simic adalah penyerang dengan naluri mencetak gol yang tajam. Tak hanya melalui tendangan kaki, Simic juga andal mencetak gol melalui sundulan kepala.

Pada Piala Menpora 2021, Simic berhasil membantu Persija meraih gelar juara. Simic ketika itu mencetak dua gol dalam tujuh penampilannya.

3 dari 4 halaman

Pelatih

Persija Jakarta membuat kejutan dengan menunjuk Angelo Alessio sebagai pelatih anyar untuk Liga 1 2021/2022. Meskipun punya pengalaman melatih yang minim, namun Angelo Alessio dikenal sebagai mantan asisten Antonio Conte.

Nama Angelo Alessio memang masih asing di Indonesia karena belum pernah melatih di Asia. Namun, Angelo Alessio sudah lama dikenal sebagai loyalis dari pelatih ternama, Antonio Conte.

Angelo Alessio mengawali kariernya sebagai asisten pelatih Napoli rentang 2002-2003. Takdir kemudian membawanya menukangi klub medioker Italia, Imolese (2004-2005), Messese (2006-2006), hingga SPAL (2008).

Angelo Alessio kemudian diajak Antonio Conte untuk membantunya di Sienna pada 2010. Sejak saat itu, Conte selalu membawanya ke tempat di mana dia berkarier semisal Juventus, Timnas Italia, hingga Chelsea.

Pada 2019, Angelo Alessio berpisah dan keluar dari bayang-bayang Conte. Angelo Alessio menerima tawaran melatih klub Skotlandia, Kilmarnock, pada 16 Juni 2019.

Angelo Alessio percaya diri bisa membantu Persija menjuarai BRI Liga 1 2021/2022. Menurut Angelo Alessio, Persija punya kemampuan dan dukungan skuad untuk meraih titel bergengsi di Indonesia itu.

"Yang mau saya katakan adalah saya memilih datang ke sini untuk dua alasan. Pertama, kami punya kesempatan untuk memenangkan kompetisi," kata Angelo Alessio.

"Selain itu, kami juga punya banyak penggemar. Untuk menggapai itu, saya memiliki cara untuk menang. Saya membawa pengetahuan dan pengalaman saya untuk itu," ujar Angelo Alessio.

4 dari 4 halaman

Data Klub

Nama klub: Persija Jakarta

Berdiri: 28 November 1928

Pencapaian Musim Lalu: Posisi kesembilan (sebelum kompetisi dihentikan karena pandemi COVID-19)

Pelatih: Angelo Alessio (Italia)

Daftar Pemain

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Yoewanto Setya Beny, Adixi Lenzivio, Cahya Supriadi

Belakang: Yann Motta (Brasil), Otavio Dutra, Muhammad Ferrari, Maman Abdurrahman, Reza Fauzan, Rezaldi Hehanussa, Salman Alfarid, Tony Sucipto, Rinto Ali, Marco Motta (Italia), Ismed Sofyan

Tengah: Rohit Chand (Nepal), Alief Rama, Dwiki Arya, Ramdani Lestaluhu, Braif Fatari, Raka Cahyana, Osvaldo Haay, Novri Setiawan, Sandi Arta, Riko Simanjuntak, Alfriyanto Nico.

Depan: Marko Simic (Kroasia), Taufik Hidayat, Fajar Firdaus

Prediksi Bola.com: Papan Atas

Persija Jakarta punya peluang besar finis di papan atas BRI Liga 1 2021/2022 atau menjadi juara. Hal ini dikarenakan materi pemain yang tak jauh berbeda dimiliki saat ini dan punya skuad komplet.

Video Populer

Foto Populer