Sukses


6 Tim Ini Dianggap Pesaing Terkuat Persib Menurut Robert Alberts, di Antaranya Persija

Bola.com, Bandung - Ada enam klub yang disebut pelatih Persib Bandung, Robert Alberts sebagai pesaing terkuat timnya di BRI Liga 1 2021/2022 yang disiarkan Indosiar. Satu di antaranya yaitu Persija Jakarta.

Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran itu bukan klub pertama yang terlintas di benak Robert sebagai lawan tersulit Persib. Melainkan, Bali United.

Sementara empat tim lainnya yaitu Bhayangkara FC, Arema FC, Borneo FC, dan Persipura Jayapura. Keenamnya, bukan tanpa alasan dinilai Robert sebagai pesaing terkuat Maung Bandung di BRI Liga 1 yang akan kick off Jumat (27/8).

"Jika melihat dari kekuatan tim, Bali United punya kualitas. Lalu Bhayangkara FC memiliki banyak pemain bagus," ujar Robert, disadur dari laman klub, Sabtu (21/8).

"Persija selalu menjadi tim berbahaya seperti Arema FC. Borneo melakukan banyak investasi, dan Persipura selalu menjadi tim yang solid," katanya menambahkan.

2 dari 3 halaman

Tanpa Suporter Bakal Berbeda

Lebih lanjut, pelatih berusia 66 tahun ini mengatakan, ada sejumlah hal yang bisa mempengaruhi performa sebuah tim di BRI Liga 1. Satu di antaranya ketiadaan suporter di stadion.

Penyelenggaraan kompetisi tahun ini memang berbeda dari musim sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19. BRI Liga 1 2021/2022 akan digelar tanpa penonton di stadion dan menggunakan format series.

"Kini ada faktor tersembunyi yang bisa banyak mempengaruhi penampilan setiap tim karena tidak akan bermain di kandang dan tanpa suporter," tutur Robert.

"Ini membuat musim akan berlangsung lebih sulit dan itu yang harus bisa kami atasi," imbuh mantan pelatih PSM Makassar ini.

3 dari 3 halaman

Soal Vaksin

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menegaskan semua pemain dan ofisial timnya telah menjalani dua kali vaksinasi COVID-19 sebagai syarat untuk bisa mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 yang akan mulai digelar pada 27 Agustus 2021 mendatang.

Namun, hal tersebut tak lantas membuat masalah berakhir. Justru masalahnya adalah semua yang terlibat dalam BRI Liga 1 2021/2022 harus memiliki akun aplikasi Peduli Lindungi di ponsel masing-masing.

Dalam aplikasi tersebut ada sertifikat vaksinasi yang menyertakan nomor induk kependudukan (NIK) dari Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal tersebut cukup menyulitkan bagi pemain asing, termasuk yang sudah menjalani vaksinasi seperti yang dilakukan oleh para pemain asing Persib Bandung.

"Semua pemain asing tidak memilikinya, jadi kami tidak punya bukti sudah divaksin selain bukti di atas kertas. Kini PSSI sedang mencoba mengatasi masalah ini karena semua orang asing di dalam tim sudah divaksin, tapi tidak bisa mengunduh aplikasinya karena tidak punya NIK," tegas Robert Alberts.

Video Populer

Foto Populer