Sukses


BRI Liga 1: Persela Buru Pengganti Brian Ferreira, Iwan Setiawan Sebut Pentingnya Pemain No. 10

Bola.com, Lamongan - Jelang bergulirnya BRI Liga 1, Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan menyebut betapa pentingnya tambahan pemain di posisi nomor 10. Sejak kepergian Brian Ferreira, pelatih asal Medan tersebut terus meminta tambahan pemain di skuadnya.

Laskar Joko Tingkir, julukan Persela sebetulnya punya satu nama lain di posisi gelandang serang. Tetapi Iwan Setiawan merasa butuh tambahan kreativitas di lini kedua.

Kebetulan Gian Zola sudah 'tak betah' dengan situasi di Persib Bandung. Pemain berusia 23 tahun tersebut berhasil didatangkan Persela dengan status pinjaman.

Gian Zola merasa bakal kesulitan mendapat menit bermain jika tetap bertahan di tim Pangeran Biru, julukan Persib. Kedatangan Mohammed Rashid dan Marc Klok menambah sesak pemain di posisi gelandang.

Keputusan realistis akhirnya dibuat demi mengejar kesempatan tampil di tim nasional (timnas) Indonesia. Kebetulan, Persela Lamongan yang pernah dibelanya pada 2018 lalu tertarik mendatangkannya.

"Kita ada Akbar dan sekarang Gian Zola. Mungkin nanti pemain asing di posisi yang sama juga datang. Jadi mungkin nanti ada tiga pemain utama (di posisi nomor 10)," ungkap Iwan Setiawan.

Pelatih berusia 63 tahun tersebut merasa tak ada salahnya memiliki tiga pemain di posisi yang sama. Dengan kompetisi yang bakal berlangsung selama lebih dari enam bulan, segala kemungkinan bisa terjadi.

"Tetapi mungkin banyak yang bertanya kenapa kita terkesan mubazir memiliki banyak pemain di posisi nomor 10. Karena dalam kompetisi panjang, kita harus melakukan rotasi pemain," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Pemain Nomor 10 Rentan Cedera

Mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut mengakui bila dia khawatir dengan opsi yang tersedia jika salah satu playmaker mengalami cedera. Kepergian Brian Ferreira sebelum kompetisi saja sudah membuat limbung, apa jadinya jika itu terjadi di kompetisi.

Dengan skema yang dimainkannya, Iwan Setiawan menilai kemungkinan pemain di posisi nomor 10 sangat rentan akan cedera. Itu sebabnya, dirinya terus menuntut tambahan pemain di posisi tersebut kepada manajemen Persela.

"Pemain nomor 10 merupakan pemain yang rentan cedera karena sering berbenturan dengan lawan saat melakukan attack. Apalagi taktik kita defense counter dan counter attack," jelasnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Bersyukur Kedatangan Gian Zola

Itu sebabnya, Iwan Setiawan bersyukur saat manajemen Persela Lamongan berhasil mendatangkan Gian Zola. Baginya itu memberikan harapan baru bagi timnya untuk kompetisi nanti.

"Datangnya Zola memberikan sedikit nafas buat kita. Kita butuh banyak pemain di posisi itu. Karena ketika pemain melakukan lari-lari panjang dalam kecepatan 100 persen, jujur saja itu menambah potensi cedera," tandasnya.

Tetapi hingga saat ini, belum ada tanda-tanda pemain asing yang bakal merapat ke Persela Lamongan. Dengan kompetisi yang menyisakan beberapa hari, Iwan Setiawan dituntut berjuang dengan skuad yang ada. 

Video Populer

Foto Populer