Sukses


BRI Liga 1: Manifesto Bonek, Ikrar Suporter Persebaya Tak Bakal Datang ke Stadion

Bola.com, Surabaya - BRI Liga 1 2021/2022 telah mulai bergulir lagi sejak Jumat (27/8/2021), dengan menampilkan duel Bali United melawan Persik Kediri. Hasilnya, Serdadu Tridatu menang 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sesuai regulasi, kompetisi BRI Liga 1 musim ini akan digelar tanpa penonton akibat pandemi COVID-19 yang belum rampung di Indonesia. Pentolan Bonek, suporter Persebaya Surabaya, telah bersepakat akan memenuhi regulasi itu dengan mengimbau seluruh Bonek untuk tak datang ke stadion.

Kesepakatan ini tertuang dibuat oleh Bonek yang terdiri dari empat kelompok dalam sebuah hasil bertajuk “Manifesto Bonek”. Mereka adalah Green Nord (Bonek tribune utara), Tribun Kidul, Tribun Timur, dan Gate 21.

Beberapa poin dihasilkan agar Persebaya Surabaya tidak mendapat sanksi akibat suporter yang nekat datang ke stadion dalam upaya yang disebut sebagai “Bersama Jaga Baik Nama Persebaya”. Berikut petikannya hasil kesepakatan tersebut:

“Dulur-dulur Bonek. Merawat selalu lebih berat daripada memperjuangkan. Kata-kata bijak itu sepertinya tepat dengan kondisi hari ini. Dulu, arek-arek Bonek bersatu, berjuang bersama dan sukses mengembalikan eksistensi Persebaya di kancah sepak bola nasional. Materi, air mata, bahkan jiwa dan raga telah menjadi saksi jejak perjuangan itu semua.”

“Kini, saatnya kita tunjukkan secara seksama bahwa arek-arek Bonek mampu merawat hasil perjuangan panjang itu, dengan selalu menjaga nama baik Persebaya dalam kompetisi kasta tertinggi tanah air yang sebentar lagi bergulir.”

 

2 dari 3 halaman

Sama-sama Menahan Diri

“Hanya sederhana dengan sama-sama menahan diri, mengingatkan kerabat dan keluarga, serta komunitas kita, untuk tidak datang datang ke stadion. Karena itu semua dapat berdampak buruk bagi nama baik dan masa depan Persebaya di kompetisi musim ini.”

“Memang tidak mudah. Tapi, hanya itu satu-satunya cara untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi Persebaya berkompetisi di lapangan tanpa adanya halangan nonteknis dari luar lapangan."

Mari, kita dukung Persebaya dari rumah dan kreativitas yang merdeka. Salam satu nyali. WANI!”

Hal senada diungkapkan oleh dirijen Green Nord, Syaiful Anthony, yang menginginkan Bonek tidak datang ke stadion. Memberikan dukungan untuk tim Bajul Ijo dari rumah saat ini menjadi opsi yang terbaik di tengah pandemi.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Dukung dari Rumah

“Saya mengimbau untuk saudaraku, adikku Bonek, agar tidak menembus, karena Liga 1 ini merupakan harapan kita semua, baik itu insan sepak bola nasional maupun suporter,” ucap pria yang akrab disapa Capo Ipul itu.

“Jadi, saya mengimbau agar tetap dukung dari rumah, karena apabila ada yang menembus ke stadion akan membahayakan bagi tim kita sendiri. Liga 1 akan dihentikan dan klub kita tidak bisa mengikuti liga lagi,” imbuhnya.

Operator BRI Liga 1 belum merilis jadwal secara lengkap, termasuk Persebaya yang belum akan bertanding dalam waktu dekat ini. Hanya tiga pertandingan yang sudah diumumkan dan akan dievaluasi sebagai kelanjutan kompetisi.

Tiga pertandingan yang akan digelar adalah duel antara Bali United kontra Persik Kediri (27/8/2021), Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang (28/8/2021), dan Bhayangkara FC menghadapi Persiraja Banda Aceh (29/8/2021).

Video Populer

Foto Populer