Sukses


Mepet! H-2 Sebelum Bermain, Klub Baru Diberi Tahu Lokasi Pertandingan BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 akan berlanjut pada akhir pekan ini. Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, belum menentukan lokasi pertandingannya.

PT LIB telah merilis jadwal, tapi minus stadion, kepada para peserta untuk enam partai tersisa  pekan pertama hingga keenam BRI Liga 1.

Sebelumnya, PT LIB telah menggelar tiga laga pekan pertama pada akhir pekan lalu sebagai simulasi protokol kesehatan sesuai permintaan pemerintah dan kepolisian.

PT LIB baru bisa memberitahu klub terkait lokasi pertandingan pada H-2 atau dua hari sebelum tim itu bermain. "Perlu diketahui, lokasinya akan kami beri tahu kepada klub-klub ini H-2," kata Sudjarno, Direktur Operasional PT LIB, dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/8/2021).

PT LIB akan kembali menggelar BRI Liga 1 pada Jumat (3/8/2021) yang diawali oleh laga Tira Persikabo kontra Madura United.

Dua hari sebelum pertandingan itu, Local Media Officer (LMO) Tangerang, Yetta Angelina mengabarkan bahwa partai tersebut bakal dimainkan di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang.

Selain Tira Persikabo dengan Madura United, Indomilk Arena juga akan menjadi tuan rumah untuk laga Persib Bandung kontra Barito Putera pada 4 September 2021.

“Ketika klub tiba di hotel, kami akan sampaikan lokasi pertandingan karena pada saat itu, klub dalam posisi siap. Mereka tinggal bergerak. Apalagi sekarang klub-klub sudah mendekat semua, sudah di Pulau Jawa. Termasuk yang dari luar Pulau Jawa, juga sudah di Pulau Jawa,” jelas Sudjarno.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Faktor

Sudjarno mengungkap penyebab pihaknya tidak bisa cepat menentukan lokasi pertandingan untuk setiap klub yang bertanding. Masalahnya, pemerintah baru mengizinkan BRI Liga 1 untuk digelar di wilayah Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 2.

"Kami sampaikan kepada mereka pertimbangannya. Masalah tempat ini sangat fleksibel dan dinamis. Sebab, pemerintah meminta pertandingan untuk dilaksanakan di wilayah PPKM Level 3 dan 2. Tentu kami menyesuaikan dengan perkembangan situasi terkait penerapan PPKM," imbuh Sudjarno.

Selain itu, dalam menetapkan venue bertanding, PT LIB juga menunggu instruksi dari kepolisian setempat dan Kementerian Kesehatan.

"Jadi, pemilihan venue tidak lepas dari arahan pemerintah, polres setempat, termasuk juga tim dari Kemenkes yang mendampingi kami. Ada arahan dari situ. Kami tidak bisa menentukan sendiri. Ada dari Kemenkeas juga yang menentukan," tutur Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

3 dari 3 halaman

Jadwal 6 Laga Pekan Pertama BRI Liga 1

3 September 2021

  • Tira Persikabo Vs Madura United
  • Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang
  • Kick-off Pukul 15.15 WIB

4 September 2021

  • PSIS Semarang Vs Persela Lamongan
  • Borneo FC Vs Persebaya Surabaya
  • Persib Bandung Vs Barito Putera
  • Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang
  • Kick-off Pukul 20.30 WIB

5 September 2021

  • PSM Makassar Vs Arema FC
  • PSS Sleman Vs Persija Jakarta

Video Populer

Foto Populer