Sukses


Klub Kasta Kedua Liga Inggris Naksir Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott

Bola.com, Ipswich - Nama Elkan Baggott kembali terseret ke bursa transfer Eropa. Bek Ipswich Town tersebut dikabarkan diminati oleh Barnsley FC.

Media Inggris yang berbasis di Ipswich, East Anglian Daily Times (EADT), mengabarkan bahwa Barnsley tertarik untuk mendatangkan pemain asal Indonesia itu.

Barnsley mencoba untuk menggoda Elkan Baggott di hari terakhir bursa transfer musim panas pada Selasa (31/8/2021).

Barnsley adalah klub dari Championship atau kasta kedua Liga Inggris, satu tingkat di atas Ipswich Town yang berkiprah di League One atau level ketiga.

Saat ini, tim berjulukan The Tykes itu menduduki peringkat ke-14 klasemen sementara dengan enam poin hasil dari satu kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah.

Namun, ketertarikan Barnsley kepada Elkan Baggott bertepuk sebelah tangan. Sebab, Ipswich Town menolak untuk melepas palang pintu berusia 18 tahun tersebut.

2 dari 4 halaman

Incaran Klub Premier League

Elkan Baggott baru menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Januari 2021. Bek berpostur raksasa itu sepakat untuk bertahan di Ipswich Town hingga pertengahan 2023.

Elkan Baggott adalah produk akademi dari Ipswich Town.

Pada bursa transfer musim dingin 2021, Elkan Baggot sempat diincar oleh dua klub Premier League, Leeds United dan West Ham United. Namun, pemain kelahiran Bangkok, Thailand, itu memilih untuk bertahan di Ipswich Town.

Elkan Baggott baru kembali ke Ipswich Town setelah dipinjamkan ke klub kasta kelima Liga Inggris, King's Lynn Town selama dua bulan. Di sana, bek blasteran Indonesia, Thailand, dan Inggris ini bermain sebanyak tujuh kali.

Elkan Baggott baru sekali tampil untuk Ipswich Town ketika dimainkan di EFL Trophy melawan Gillingham FC pada 6 Oktober 2020.

3 dari 4 halaman

Main di Ipswich Town U-23 Musim Ini

Pada musim ini, Elkan Baggott diproyeksikan bermain untuk tim U-23 Ipswich Town. Pemain setinggi 196 cm ini tidak didaftarkan tim senior untuk League One 2021/2022.

Elkan Baggott telah dimainkan oleh Ipswich Town U-23 ketika beruji coba melawan Chelmsford City pada 4 Agustus 2021.

Berdasarkan laporan pertandingan di laman Chelmsford City, Elkan Baggott diplot sebagai gelandang bertahan dalam formasi 4-3-3 Ipswich Town U-23.

Elkan Baggot bermain penuh dalam partai itu. Namun, anggota Timnas Indonesia U-19 pada 2020 ini gagal menghindari timnya dari kekalahan. Ipswich Town U-23 takluk 1-3 dari Chelmsford City.

4 dari 4 halaman

Sempat Menolak Panggilan Timnas Indonesia

Elkan Baggott seharusnya menjadi bagian dari Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021.

Ironinya, pemain kelahiran 23 Oktober 2002 itu menolak panggilan Timnas Indonesia dengan alasan pandemi COVID-19.

Elkan Baggott enggan datang karena menganggap Dubai sebagai zona merah COVID-19 dan tidak mau melewatkan persiapan pramusim dengan Ipswich Town.

"Menurutnya, Dubai termasuk zona merah COVID-19. Dia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Lalu, Ipswich Town pun sudah melakukan persiapan pramusim pada Juni 2021," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi pada Mei 2021.

Sumber: East Anglian Daily Times

Video Populer

Foto Populer