Sukses


BRI Liga 1: PT LIB Peringatkan Bonek dan Suporter Lain untuk Tak Datang ke Stadion, jika Dilanggar Klub Akan Dihukum!

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengingatkan suporter Persebaya Surabaya, Bonek dan kelompok pendukung klub lainnya untuk tidak datang ke stadion serta menggelar nonton bareng laga BRI Liga 1 2021/2022.

PT LIB mengacu terhadap Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021 diktum kedelapan yang isinya "Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion dan kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan."

PT LIB dalam pemberitaan di lamannya, Liga Indonesia Baru, menyinggung kasus Bonek yang nekat mendatangi Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi pada 29 Agustus 2021, karena termakan hoaks Persebaya bermain di sana pada hari itu.

"Fakta miris terjadi. Pada Minggu, 29 Agustus 2021, diduga satu di antara kelompok fanatik dari klub BRI Liga 1, datang ke sekitar Stadion Wibawa Mukti. Mereka berniat mendukung tim kesayangannya. Padahal, tidak ada pertandingan pada hari itu," tulis PT LIB dalam narasinya.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita meminta Bonek untuk tidak mengulang perilaku seperti itu lagi, dan juga bagi kelompok suporter lain, untuk tetap menonton timnya dari rumah.

"Sudah ada penegasan dari pemerintah agar pertandingan digelar tanpa penonton. Suporter atau penonton, cukup mendukung dari rumah saja," kata Lukita.

"Tak perlu berduyun-duyun datang ke stadion. Kepada rekan-rekan suporter, kami mohon kejadian tersebut jangan sampai terulang kembali," jelas Lukita.

2 dari 4 halaman

Jika Suporter Nekat, Klub Terancam Hukuman

Jika suporter tetap memaksakan diri untuk datang ke stadion, maka klub kebanggaannya akan dihukum. PT LIB telah menyiapkan sanksi tegas terhadap pelanggaran itu.

"Jika kerumunan pendukung fanatik itu terjadi pada masa pandemi, sesungguhnya yang merugi adalah sepak bola Indonesia. Bagi klub yang memiliki ikatan erat dengan kelompok suporter yang bikin ulah itu, akan rugi besar. Klub tersebut akan mendapatkan hukuman tegas," imbuh Lukita.

"Pemerintah sangat memerhatikan BRI Liga 1. Termasuk dari pihak kepolisian yang berwenang mengeluarkan izin. Ini perlu menjadi komitmen bersama agar pemerintah selalu memberikan lampu hijau untuk kompetisi," ujar Lukita.

3 dari 4 halaman

Persebaya Bermain di Cikarang, Aji Santoso Minta Bonek Tidak Datang

Sementara itu, Persebaya akan menghadapi Borneo FC di Stadion Wibawa Mukti dalam pekan pertama BRI Liga 1, Sabtu (4/9/2021).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso memohon Bonek untuk tidak datang ke Cikarang dan mendukung tim berjulukan Bajul Ijo itu melalui layar televisi.

Partai Borneo FC kontra Persebaya bakal disiarkan secara langsung dan eksklusif oleh Indosiar dan platform live streaming Vidio pada pukul 18.15 WIB.

"Untuk suporter, saya berharap, ini permintaan pribadi dan tim, mohon untuk kompetisi kali ini jangan ada satu pun yang datang ke stadion," imbuh Aji Santoso pada konferensi pers sebelum bertanding.

"Bukan berarti kami tidak butuh dukungan, kami sangat butuh. Tapi saat ini, kami butuh doa dari rumah. Jangan karena beberapa suporter, nama Persebaya tercoreng."

"Ini yang dikhawatirkan. Kami yakin suporter mendukung kami dari rumah dan tidak ada nonton bareng di Surabaya. Kami mohon doa supaya Persebaya bisa bermain bagus," ucap Aji Santoso.

4 dari 4 halaman

Unggahan Polsek Cikarang Setelah Bonek Nekat ke Stadion Wibawa Mukti

Video Populer

Foto Populer