Sukses


Setahun Lebih Tanpa Sepak Bola, Indonesia Menghuni Posisi 24 Ranking Kompetisi AFC

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis ranking terbaru kompetisi sepak bola yang ada di Asia. Indonesia menghuni posisi 24 dalam pemeringkatan terbaru tersebut.

Penentuan ranking kompetisi sepak bola dilakukan AFC dengan mengacu pada penampilan wakil dari negara di kompetisi antarklub yang diselenggarakan. Selain itu, performa empat musim terakhir di kompetisi antarklub AFC juga menjadi dasar perhitungan.

Peringkat ini bakal menentukan jatah Indonesia di kompetisi antarklub yang diselenggarakan AFC pada 2023. Seperti diketahui, Indonesia tak mengirimkan wakil di Liga Champions Asia 2021 dan hanya mendapatkan satu tempat otomatis di fase grup, sedangkan satu sisanya harus melalui jalur play-off.

AFC memberikan keringanan untuk penghitungan nilai pada musim 2020 dan 2021. Hal ini disebabkan dibatalkannya Piala AFC 2020 dan Piala AFC 2021 di Zona ASEAN karena pandemi COVID-19.

"Kompetisi Klub AFC 2020 tidak termasuk perhitungan peringkat secara keseluruhan karena pembatalan pertandingan yang tersisa pada Piala AFC 2020 karena pandemi COVID-19," bunyi keterangan resmi AFC.

Sementara itu, Jepang menjadi negara yang memuncaki ranking kompetisi klub AFC. Adapun di peringkat kedua dihuni Korea Selatan dan Arab Saudi melengkapi posisi tiga besar.

2 dari 3 halaman

Keenam di ASEAN

Adapun di negara ASEAN, Indonesia berada di posisi keenam kompetisi sepak bola AFC. Indonesia berada di bawah Thailand (8), Vietnam (14), Filipina (18), Malaysia (19), dan Singapura (23).

Sejumlah negara-negara tersebut sudah memulai kompetisi musim 2021. Adapun Indonesia melalui BRI Liga 1 2021/2022 baru memulai satu pekan musim yang belum seluruhnya dimainkan.

Hal ini tentu saja bakal memengaruhi jatah Indonesia di kompetisi antarklub yang diselenggarakan AFC. Situasi tersebut akan terjawab pada musim 2023 nanti.

3 dari 3 halaman

Diperbaharui Akhir 2021

AFC kembali akan memperbaharui ranking kompetisi klub pada akhir 2021. Nantinya, posisi setiap negara akan menentukan jatah masing-masing pada kompetisi yang diselenggarakan AFC semisal Liga Champions Asia dan Piala AFC 2023.

Kelangsungan BRI Liga 1 2021/2022 akan sangat krusial untuk menentukan jatah Indonesia. Hal itulah yang membuat kompetisi BRI Liga 1 diharuskan berjalan konsisten.

BRI Liga 1 dijadwalkan akan bergulir sampai Maret 2022. Namun, kelancaran kompetisi akan ditentukan oleh situasi COVID-19 yang ada di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer