Sukses


Hasil BRI Liga 1: Awal Meyakinkan, Borneo FC Sikat Habis Persebaya

Bola.com, Bekasi - Borneo FC mengawali kiprah di BRI Liga 1 2021/2022 dengan kemenangan yang meyakinkan. Pesut Etam unggul 3-1 atas Persebaya Surabaya dalam pekan pertama di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (4/9/2021) malam.

Tiga gol Borneo FC masing-masing disumbang oleh Muhammad Sihran (8’), Terens Puhiri (49’), dan Guy Junior (61’). Sedangkan satu gol balasan Persebaya dicetak oleh Ricky Kambuaya di menit ke-76.

Borneo FC mengawali pertandingan ini dengan melakukan tekanan sejak menit pertama. Hasilnya, tim arahan Mario Gomez itu sukses mencetak gol sebelum laga berjalan sepuluh menit.

Itu bermula dari kesalahan pemain belakang Persebaya gagal mengantisipasi pergerakan barisan lini depan Borneo FC di menit kedelapan. Para bek Bajul Ijo terlalu fokus pada pergerakan Francisco Torres yang terlihat melakukan upaya di kotak penalti.

Dalam situasi itu, muncul penyerang sayap Muhammad Sihran yang bebas menerima bola usai diumpan oleh Torress. Sihran pun menceploskan bola ke gawang Persebaya setelah kiper Ernando Ari Sutaryadi mati kutu membaca gerakan lawan.

 

2 dari 5 halaman

Babak Pertama Berakhir 1-0

Dalam kondisi unggul, Borneo FC masih terus melakukan serangan bertubi-tubi. Skuat Pesut Etam mengandalkan gelandang Jonathan Bustos yang bertindak sebagai pengatur serangan. Terens Puhiri tak ketinggalan menyerang dengan kecepatan dribelnya.

Di sisi lain, Persebaya malah kesulitan untuk menembus pertahanan Borneo FC. Berkali-kali upaya serangan mereka mudah digagalkan lawan. Barisan pertahanan Javlov Guseynov dkk. masih terlalu tangguh.

Peluang pertama Bajul Ijo akhirnya muncul di menit ke-31 setelah penyerang sayap Mochammad Supriadi dijatuhkan di dekat kotak penalti. Hambali Tolib tampil sebagai eksekutor tendangan bebas, namun bola tembakannya masih melebar.

Penampilan Bustos yang sangat ofensif kemudian kembali menyulitkan Persebaya. Dia berkali-kali mengirim bola ke Terens Puhiri dan Torres yang membuat Ernando kerepotan meladeninya.

Bustos kemudian mendapat kesempatan mencatatkan di papan skor pada menit ke-41. Sayang, bola tembakannya masih melambung.

Kans Persebaya untuk mencetak gol kembali muncul pada injury time babak pertama. Striker Johan Yoga Utama menerima bola umpan lambung yang diselesaikannya lewat sundulan. Namun, bola belum menemui sasaran.

Tak ada gol lagi yang tercipta dan skor 1-0 bertahan sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya paruh pertama.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Jalannya Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Borneo masih tampil agresif dan berusaha menggandakan keunggulan. Upaya itu lagi-lagi membuahkan hasil karena mereka unggul 2-0 pada menit ke-49. Bustos masih menjadi aktor penting lahirnya gol Borneo.

Kali ini, dia mengirim umpan terobosan kepada Terens Puhiri dalam situasi serangan balik. Terens pun menggiring bola dengan kecepatan berlarinya melepaskan diri dari kawalan. Terens Puhiri pun mampu memperdaya Ernando 

Tertinggal dua gol, pemain Persebaya berusaha berani keluar dan memegang kendali permainan. Gelandang muda Akbar Firmansyah hampir saja membukukan namanya di papan skor pada menit ke-54. Tapi tembakannya masih melambung.

Borneo malah kembali mencetak gol dalam situasi Persebaya terlalu fokus menyerang. Di menit ke-61, Guy Junior yang baru masuk menyumbang gol lewat aksinya di jantung pertahanan Bajul Ijo setelah menerima umpan dari Bustos.

Para pemain Persebaya tidak ragu menyerang dengan tetap berani keluar dan memberi tekanan dalam kondisi tertinggal tiga gol. Gelandang Rendi Irwan sempat melepas tembakan dalam ruang tembak terbuka, namun bola masih melambung di menit ke-64.

Skuat Aji Santoso akhirnya mencetak gol balasan memasuki menit ke-76 lewat gelandang Ricky Kambuaya. Pemain berusia 25 tahun itu sukses mengeksekusi tembakan usai menerima umpan dari Akbar Firmansyah.

Persebaya berusaha mencetak gol kedua tapi sampai wasit mengakhiri laga skor tetep 3-1 untuk kemenangan Borneo FC. 

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • Borneo FC (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Rifad Marasabessy, Wildansyah, Javlon Guseynov, Leo Guntara (belakang); Hendro Siswanto, Nouriddin Davronov, Jonathan Bustos (tengah); Terens Puhiri, Francisco Torres, Muhammad Sihran (depan).
  • Pelatih: Mario Gomez.
  • Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Alwi Slamat, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Frank Rikhard Sokoy (belakang); Ady Setiawan, Ricky Kambuaya, Hambali Tolib (tengah); Hambali Tolib, Johan Yoga Utama, Mochammad Supriadi (depan).
  • Pelatih: Aji Santoso.
5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Tabel Persaingan

Video Populer

Foto Populer