Sukses


Ronaldo Kwateh Dipanggil TC Timnas Indonesia U-18, Sang Ayah Beri Petuah

Bola.com, Jakarta - Roberto Kwateh menyambut antusias pemanggilan sang putra Ronlado Kwateh dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18. Roberto berharap anaknya memberikan penampilan maksimal dan tidak mengecewakan pelatih Shin Tae-yong.

Nama Ronaldo Kwateh masuk daftar 36 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-18. Kegiatan tersebut akan berlangsung sampai 11 September 2021.

"Tidak menyangka anak saya mendapatkan panggilan untuk TC Timnas U-18. Saya kasih nasihat pada dia untuk jangan pernah takut melihat pemain manapun," kata Roberto Kwateh.

"Sehingga bisa mengeluarkan penampilan terbaik. Ketika di atas lapangan, semua sama. Mental harus kuat," tegas Roberto Kwateh.

Ronaldo Kwateh punya waktu beberapa hari untuk mengeluarkan penampilan terbaiknya. Hal itu akan menjadi penilaian dari pelatih Shin Tae-yong untuk memilih pemain terbaik.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut akan memilih pemain terbaik untuk persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 yang digelar pada 2023. Shin Tae-yong masih punya banyak waktu untuk membentuk skuad Timnas Indonesia U-18.

2 dari 3 halaman

Buktikan Kualitas

Ronaldo Kwateh tak menyangka bisa mendapat panggilan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18. Atas dasar itulah dia bertekad membuktikan kualitas sekaligus membayar kepercayaan pelatih Shin Tae-yong.

"Tidak menyangka saja ketika mendengar kabar jika saya dipanggil untuk seleksi Timnas Indonesia U-18," kata Ronaldo Kwateh.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, Ronaldo Kwateh bertekad untuk tampil maksimal sepanjang pemusatan latihan nanti. Pemain berusia 16 tahun itu berjanji akan memberikan penampilan terbaik di hadapan Shin Tae-yong.

"Kesempatan langka ini akan saya manfaatkan semaksimal mungkin. Tak semua pemain bisa mendapatkan kesempatan seperti ini," ucap Ronaldo.

3 dari 3 halaman

Cetak Rekor

Sebelum penggilan TC Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh berhasil memecahkan rekor di BRI Liga 1 2021/2022. Dia mendapatkan predikat sebagai pemain termuda yang melakoni debut di Liga 1.

Ronaldo Kwateh mendapat kepercayaan pelatih Rahmad Darmawan untuk menjadi starter Madura United saat menghadapi Persikabo 1973 pada laga BRI Liga 1 2021/2022, Jumat (3/9/2021), Ronaldo bermain pada usia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari.

Pencapaian itu membuat Ronaldo Kwateh mengalahkan rekor sebelumnya milik Mochamad Supriadi. Ketika itu, Supriadi mencatatkan debut di Liga 1 2019 bersama Persebaya Surabaya pada usia 17 tahun 3 bulan 1 hari.

Video Populer

Foto Populer