Sukses


Seperti Bunglon, Persib Bandung Punya Banyak Skema Formasi di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung menerapkan formasi 4-3-2-1 saat berhadapan dengan Barito Putera pada pekan pertama BRI Liga 1, pekan lalu. Hasilnya, Skuad Maung Bandung menang tipis 1-0 atas Barito Putera.

Dalam skema yang dimainkan, Persib menempatkan dua bek tangguh Victor Igbonefo dan Nick Kuipers di lini belakang. Sedangkan, bek sayap dihuni Bayu Fiqri dan Ardi Idrus.

Meskipun berhasil meraih hasil positif, pelatih Persib, Robert Alberts tetap menyiapkan formasi alternatif dalam menghadapi BRI Liga 1. Skema tersebut sempat diterapkan pada laga pramusim dan uji coba.

"Kami memiliki rencana yang beragam dan itu normal untuk dilakukan di pramusim dan pada pertandingan uji coba. Kami punya beragam skema seperti rencana A, B atau C," kata Robert di Bandung, Kamis (8/9/2021).

 

 

2 dari 4 halaman

Persib Bak Bunglon

Satu di antaranya adalah menempatkan tiga pemain di lini belakang. Terlebih, Persib mempunyai tiga bek dengan kualitas mumpuni seperti Victor Igbonefo, Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto.

"Dalam latihan memang kami memainkan tiga bek, tapi dalam sepak bola modern itu lebih berdasarkan pada merotasi beberapa posisi di dalam tim,"ungkapnya.

Pelatih berusia 66 tahun ini mengatakan dalam pertandingan formasi bisa berubah-ubah karena menyesuaikan kondisi dan jalannya laga. Bisa saja awalnya memasang 3-5-2 berubah menjadi 5-3-2. Artinya Persib bak bunglon. 

"Bisa dikatakan bermain dengan tiga bek, tapi ketika bertahan bisa tiba-tiba menjadi lima bek dan itu menjadi debat dalam sepakbola di dunia,"ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Vs Persita

Pada laga kontra Persita Tangerang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (11/9 /2021), Robert kemungkinan tetap mempertahankan skema awal dengan menempatkan empat pemain di lini belakang.

"Kami memasang empat bek di laga terakhir. Maka kami akan melanjutkannya dengan prinsip yang sama seperti yang kami lakukan di pertandingan terakhir. Jadi ini hanya soal formasi dasar," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persib Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer