Sukses


3 Pemain Kunci Persela yang Bisa Membuat Persipura Bertekuk Lutut di BRI Liga 1 2021 / 2022: Andalkan Produk Domestik

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan dijadwalkan berjumpa dengan Persipura Jayapura dalam pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022, Jumat (10/09/2021) sore. Keduanya akan ngotot untuk mendulang poin di pertandingan

Kebetulan, kedua tim sama-sama menelan kekalahan pada pekan lalu. Persela kalah 0-1 dari PSIS Semarang (4/9/2021), sedangkan Persipura secara mengejutkan ditekuk 1-2 oleh Persita Tangerang (28/8/2021).

Laga ini mempertemukan pelatih Iwan Setiawan (Persela) dan Jacksen F. Tiago (Persipura) yang memiliki latar belakang berbeda. Iwan adalah pelatih lokal yang gemar mengorbitkan pemain muda, sedangkan Jacksen yang berpaspor Brasil termasuk pelatih sukses di Indonesia.

Iwan Setiawan merupakan pelatih yang belum pernah meraih prestasi gemilang di kompetisi kasta tertinggi. Sebaliknya, Jacksen mengoleksi tiga gelar ISL (kini Liga 1) saat menukangi Persipura, masing-masing pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2013.

Di atas kertas, Persipura lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan ini. Apalagi, catatan pertemuan kedua tim juga berpihak pada Mutiara Hitam.

Dari enam pertemuan di Liga 1, Persipura mendominasi dengan memenagi empat pertandingan berbanding Persela yang hanya pernah menang sekali.

Namun, Persela memiliki beberapa pemain yang diprediksi bakal merepotkan Persipura dalam duel ini. Dua pemain asing, Demerson Bruno dan Ivan Carlos, disebut bisa tampil, namun kemungkinan akan menjadi pengganti.

Dari sejumlah pemain lokal, terdapat tiga pemain Persela yang berpeluang besar menjadi pembeda saat berjumpa Persipura. Simak ulasan Bola.com berikut ini.

2 dari 5 halaman

1. Dwi Kuswanto

Sosok satu ini menjadi palang terakhir pertahanan Persela yang sulit ditakluk. Dwi Kuswanto adalah kiper gaek berusia 36 tahun dan memiliki kemampuan yang apik dalam menghalau tembakan ke gawangnya.

Pekan lalu, tercatat memang hanya satu tembakan yang dilepaskan oleh PSIS dan itu berbuah gol sekaligus penentu kekalahan Persela. Tapi, catatan statistik itu tetap tidak membuat kualitasnya menurun.

Kiper yang karib disapa Dwikus itu memimpin lini belakang Laskar Joko Tingkir dalam upaya mementahkan serangan yang dibangun oleh PSIS. 

Bersua Persipura, lagi-lagi jam terbang Dwikus sangat dibutuhkan oleh skuad Persela. 

3 dari 5 halaman

2. Ahmad Bustomi

Gelandang satu ini juga sudah terhitung senior di kancah sepak bola nasional. Di usianya yang sudah 35 tahun, Ahmad Bustomi masih memiliki peran penting bersama Persela Lamongan.

Bustomi merupakan tipe gelandang tengah yang piawa mengalirkan bola dari belakang ke playmaker. Dia juga mampu membagi bola ke depan yang kemudian bisa menekan pertahanan lawan.

Keberadaan pemain kelahiran Jombang itu diprediksi bakal melahirkan persaingan yang sengit di lini tengah nantinya kontra Persipura. Bustomi yang menjadi bagian Timnas Indonesia saat menjadi runner-up Piala AFF 2010 tentu tidak mudah dihentikan lawan.

4 dari 5 halaman

3. Malik Risaldi

Pemain berusia 24 tahun ini sudah menjadi bagian Persela sejak Liga 1 2019. Malik Risaldi langsung menjadi winger andalan pasca kepergian Saddil Ramdani danMohammad Fahmi Al-Ayyubi.

Kontribusinya pun tak boleh dipandang sebelah mata. Sebagai pemain muda, pemain asli Gresik itu telah menyumbang dua gol dari 29 penampilan di kompetisi resmi.

Malik mengawali karier junior bersama WCP Academy, Gresik United, dan Persela. Karier seniornya dimulai dengan berseragam PS Timah Babel, Persegres Gresik, dan masuk skuat Persela sejak 2019 hingga sekarang.

5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi Persela Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer