Sukses


BRI Liga 1: Cerita Debut Kim Jin-sung di Madura United, Sempat Diremehkan tapi Malah Sumbang Assist

Bola.com, Jakarta - Gelandang Kim Jin-sung tampil apik dalam laga debutnya bersama Madura United di BRI Liga 1 2021/2022. Dia tampil selama 90 menit saat timnya bermain 1-1 versus PSM Makassar di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (12/9/2021) malam.

Pemain berkewarganegaraan Korea Selatan itu bahkan menyumbang assist untuk satu-satunya gol Madura United di laga ini. Dia mengirim umpan lambung kepada striker Rafael Silva yang sukses dikonversi menjadi gol lewat sundulan.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, sangat puas dengan performa yang ditunjukkan oleh Kim. Maklum, pemain berusia 24 tahun itu baru tiba di Indonesia dan menjalani latihan perdana pada pekan lalu.

“Apresiasi dari saya buat Kim yang hari ini memulai debutnya sangat baik. Menurut saya, ini penampilan debut yang baik dari Kim. Buat saya penampilan Kim ini mengejutkan. Dia langsung menyatu dan memberikan satu assist,” kata Rahmad Darmawan selepas pertandingan.

Pelatih yang akrab disapa RD itu mengaku sempat meremehkan kebugaran yang dimiliki oleh Kim. Dia tidak yakin pemain Madura United bernomor punggung 55 bisa tampil penuh karena juga masih dalam proses beradaptasi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Diragukan Bisa Tampil 90 Menit

“Saya pikir tadinya Kim tidak akan sanggup bermain 90 menit. Karena memang dalam game plan yang kami buat kemarin saya sudah menyiapkan seorang pemain untuk menggantikan Kim, apabila tidak kuat bermain 90 menit, mengingat aklimatisasi sangat dibutuhkan Kim terhadap cuaca Indonesia,” tuturnya.

Kim sebenarnya tidak tampil penuh sampai pertandingan berakhir. Dia sempat ditarik keluar pada injury time babak kedua dengan diganti oleh Asep Berlian. Tapi, Kim tetap membukukan 90 menit bermain, bahkan lebih.

“Saya berharap Kim terus berkembang, bisa cepat beradaptasi dengan pemain lain, dan tahu sama tahu tentang chemistry yang dibutuhkan dalam sebuah tim. Saya puas dan Kim adalah pemain yang mungkin akan saya siapkan sebagai bek tengah,” ujar RD.

Sayang, debut Kim masih kurang sempurna lantaran Madura United gagal mendulang poin penuh. Berikutnya, tim asal Pulau Garam itu bakal meladeni Bhayangkara FC dalam pekan ketiga pada Sabtu (18/9/2021).     

3 dari 4 halaman

RD Kecewa

Di sisi lain, Pelatih Rahmad Darmawan mengaku kecewa dengan raihan satu poin di pertandingan ini. Sebab, sebelumnya Fachruddin Aryanto dkk. juga gagal menang dengan hasil imbang 1-1 kontra Persikabo 1973 pada pekan lalu (3/9/2021).

“Menyikapi hasil imbang hari ini, memang kalau dilihat dari statistik, penguasaan, kemudian beberapa peluang yang kami dapat, pasti kami kecewa,” ungkapnya dalam jumpa pers setelah pertandingan.

“Tapi, kalau melihat performa para pemain hari ini, menurut saya, jauh lebih baik daripada penampilan pertama saat kami menghadapi Persikabo,” imbuh pelatih Madura United yang akrab disapa RD tersebut.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Madura United

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer