Sukses


Sah! Ian Gillan Resmi Jadi Pelatih Baru PSIS di BRI Liga 1

Bola.com, Semarang - Ian Andrew Gillan akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala baru PSIS Semarang untuk mengarungi BRI Liga 1 2021/2022. Ia diperkenalkan oleh PSIS, Jumat (17/9/2021).

Kabar tersebut sekaligus mengakhiri rumor yang beredar sebelumnya. PSIS cukup lama dikaitkan dengan sosok Ian Gillan sebagai penerus Dragan Djukanovic yang mundur sebelum Liga 1 dimulai.

Hanya saja, Ian Gillan masih menunggu keberangkatan ke Indonesia untuk segera membesut Hari Nur Yulianto dkk. Pelatih berkebangsaan Skotlandia itu masih dalam proses untuk segera tiba di klub barunya.

"Setelah melalui proses yang cukup panjang untuk menyeleksi calon pelatih, kami dari manajemen memutuskan untuk menunjuk coach Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala di BRI Liga 1," terang CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, Jumat (17/9/2021).

"Coach Ian Andrew kami perkenalkan terlebih dahulu sambil kami terus mengurus proses kedatangannya. Untuk registrasi di kompetisi juga sudah aman karena coach Ian Andrew sudah kami daftarkan. Semoga proses administrasinya segera beres supaya segera merapat ke Indonesia," lanjut dia.

Bergabungnya Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala PSIS Semarang diharapkan mampu mengangkat prestasi tim dan melakukan proses development tim untuk mengorbitkan pemain muda. Dia juga sudah mengantongi lisensi pelatih AFC Pro.

2 dari 4 halaman

Berpengalaman

Di sisi lain, Ian Gillan punya pengalaman yang cukup banyak untuk menjadi nahkoda Laskar Mahesa Jenar (julukan PSIS). Sebelum ditunjuk menjadi pelatih PSIS pernah di Kedah FA Malaysia pada tahun 2020.

Ia juga pernah menjadi pelatih kepala Serawak FA Liga Malaysia pada tahun 2018-2019 dan menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina pada tahun 2017.

Sebelum itu, Ian Andrew pernah menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia pada tahun 2015 setelah di tahun 2014 menjadi asisten pelatih tim senior. Staff pelatih Perth Glory FC, Australia juga pernah ia kenyam pada tahun 2013.

"Coach Ian Andrew memiliki pengalaman yang cukup banyak. Beliau diharapkan dapat mengorbitkan pemain muda PSIS lebih bersinar di kancah kompetisi resmi karena pengalaman beliau. Apalagi tahun ini PSIS banyak dihuni pemain muda dan mampu membawa PSIS berprestasi di kompetisi tahun ini," jelas Yoyok Sukawi.

3 dari 4 halaman

Pekan Ketiga

Adapun saat ini PSIS sedang mempersiapkan diri menghadapi pekan ketiga BRI Liga 1 kontra Persiraja Banda Aceh, Sabtu (18/9/2021). Dua pertandingan sebelumnya sukses diraih dengan impresif yakni satu kemenangan dan satu hasil imbang yang dipimpin pelatih sementara, Imran Nahumarury.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer