Sukses


Man of The Match BRI Liga 1 Persik Vs PSM: Tarian dan Umpan Terukur Wiljan Pluim di Balik 2 Gol Juku Eja

Bola.com, Cikarang - Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim membuktikan kapasitasnya sebagai pemain penting di skuad Juku Eja.

Menghadapi Persik Kediri pada pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9/2021), Pluim mencetak masing-masing satu gol dan satu assist untuk membawa Juku Eja meraih kemenangan dramatis atas tim Macan Putih dengan skor 3-2.

Bagi PSM, kemenangan itu sangat berarti untuk pamor mereka sebagai tim papan atas tanah air. Untuk kali pertama, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu memimpin klasemen sementara musim ini dengan mengoleksi poin delapan dari empat partai yang mereka mainkan.

Sejatinya, sehari sebelum pertandingan, pelatih PSM Milomir Seslija sudah melempar sinyal dengan tanpa sungkan memuji gelandang andalannya itu. Menurut Milo, sapaan karibnya, dirinya tak pernah ragu dengan kemampuan Pluim sebagai pemain pembeda di timnya.

"Ia sudah membuktikannya bersama PSM Makassar dengan menjadi pemain papan atas di kompetisi kasta tertinggi Indonesia," Milo pada sesi jumpa media.

 

2 dari 4 halaman

1 Gol, 1 Assist

Prediksi Milo terbukti benar. Menghadapi Persik, Pluim tak hanya menjadi kreator utama serangan PSM Makassar tapi juga mencetak gol.

Pada menit ke-34, eks Willem II ini membungkam euforia kubu Persik yang pada tiga menit sebelumnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat aksi individu striker Youssef Ezzejjari.

Berkat kejeliannya memanfaatkan kesalahan Ahmad Agung saat menghalau bola, Pluim melepaskan tendangan terarah yang tak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Persik, Dian Agus Prasetyo.

Puncaknya, pada saat laga Persik vs PSM bakal berakhir dengan skor 2-2, Pluim menunjukkan dirinya sebagai pemain pembeda. Di masa injury time, ia melepaskan umpan terobosan yang terukur kepada penyerang sayap Juku Eja, Ilham Udin Armayin yang kemudian berhasil memperdaya Dian Agus sekaligus jadi penentu kemenangan PSM atas tim Macan Putih.

Satu gol dan satu asisst inilah yang membuat Pluim pantas dinobatkan sebagai man of the match daripada Ezzejjari yang mencetak brace buat Persik.

3 dari 4 halaman

Rekam Jejak Pluim di Indonesia

Sosok Wiljan Pluim langsung mencuat ketika tampil menawan pada putaran kedua Torabika Soccer Championship 2016. Ia pun menjadi pemain sentral di Juku Eja pada era Liga 1.

Pluim tercatat sudah bermain 119 partai bersama PSM Makassar pada ajang resmi yakni yakni Liga 1, Piala Presiden, Piala Indonesia dan Piala AFC. Khusus di Liga 1, Pluim tampil bersama PSM pada 83 laga dengan koleksi gol dan assist, masing-masing 26 kali.

Liga 1 2018 jadi musim terbaik Pluim bersama PSM. Juku Eja memang hanya bertengger di peringkat dua karena kalah satu poin dari Persija Jakarta yang bertengger di posisi puncak klasemen akhir dengan koleksi 62 poin. Tapi, aksinya mampu mampu membius publik sepakbola Tanah Air.

Musim 2018, Pluim tampil pada 29 laga dengan koleksi 5 gol dan 6 assist. Total menit bermainnya adalah 2.606.Musim 2019 jadi masa sulit buat Pluim. Cedera engkel terus membayangi penampilannya.

Apalagi, setiap tampil bersama PSM, Pluim selalu menjadi incaran lawan untuk dimatikan. Alhasil di Liga 1 2019, Pluim hanya bermain pada 19 laga dari 34 partai yang dimainkan Juku Eja. Pluim pun pulang ke Belanda sebelum kompetisi berakhir.

Meski begitu, musim ini tetap jadi kenangan tersendiri buat Pluim. Meski tak maksimal di Liga 1, Pluim tetap jadi pilar penting Juku Eja saat meraih meraih trofi juara Piala Presiden 2018-2019. Di final, Juku Eja memupus ambisi Persija yang ingin mengawinkan trofi Liga 1 dan Piala Indonesia.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer