Sukses


Timnas Indonesia: Mengenal Deretan Asisten Baru Shin Tae-yong, Bukan Sosok Kaleng-Kaleng

Bola.com, Buriram - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kedatangan tiga asisten baru jelang laga play-off Piala Asia 2023. Mereka mulai bergabung di Buriram, Thailand, untuk persiapan laga melawan Chinese Taipei.

Ketiga asisten baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia adalah Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic. Mereka menggantikan posisi yang ditinggalkan Kim Hae-won, Lee Jae-hong, dan Kim Won-jae.

Kim Bong-soo berposisi sebagai pelatih kiper. Adapun Shin Sang-gyu merupakan pelatih fisik dan Dzenan Radoncic mengisi peran asisten pelatih teknik.

Kehadiran asisten baru Shin Tae-yong tentu menambah energi positif di skuad Timnas Indonesia. Apalagi, mereka merupakan sosok yang berpengalaman dengan catatan karier gemilang.

"Kehadiran mereka tentu membantu saya untuk laga melawan Chinese Taipei. Meski begitu, mereka juga butuh adaptasi untuk melihat kelebihan dan kekurangan setiap pemain di Timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong.

Lantas, seperti apa latar belakang ketiga asisten baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia tersebut? Sosok-sosok berpengalaman yang siap membantu Shin Tae-yong memberikan kejayaan untuk Timnas Indonesia.

2 dari 4 halaman

Kim Bong-soo

Kim Bong-soo merupakan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang berperan sebagai pelatih kiper. Sebelum menjadi pelatih, Kim Bong-soo merupakan kiper legendaris Timnas Korea Selatan.

Kim tercatat membela Timnas Korea Selatan rentang 1988-1998. Sepanjang kariernya menjadi kiper, Kim Bong-soo hanya bermain untuk satu klub yakni LG Cheetahs/Anyang LG Cheetahs .

Kim Bong-soo terjun ke dunia pelatih sejak pensiun pada 2001. Setelah itu, Kim telah berkarier sebagai pelatih kiper di Ulsan Hyundai Horang, Yongin Football Center, Jeongnam Dragons, Timnas Korea U-23, Timnas Korea Selatan, dan Suwon Samsung Bluewings.

3 dari 4 halaman

Shin Sang-gyu

Shin Sang-gyu merupakan pelatih fisik yang dipercaya Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Usianya saat ini baru menginjak 35 tahun, namun sudah memiliki segudang pengalaman.

Shin Sang-gyu pernah menukangi fisik Timnas Korea Selatan U-23 pada Asian Games 2014 dan Olimpiade Rio 2016. Pada Olimpiade 2016 merupakan kali pertama Shin Sang-gyu bekerja sama dengan Shin Tae-yong.

Setelah itu, Shin Sang-gyu dipercaya menukangi fisik Timnas Putri Korea Selatan U-20 dan FC Seoul. Shin juga pernah bekerja di China untuk menukangi Timnas China U-23, Inner Mongolia Zhongyou, dan Chengdu Rongcheng.

4 dari 4 halaman

Dzenan Radoncic

Dzenan Radoncic merupakan asisten Shin Tae-yong untuk area teknik. Nama Dzenan Radoncic memang sudah tak asing buat Shin Tae-yong karena merupakan mantan anak asuhnya di Seongnam FC.

Ketika itu, Dzenan Radoncic selama dua musim bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong bersama Soengnam FC. Bisa disebut, Dzenan Radoncic merupakan anak emas Shin Tae-yong, karena pernah sama-sama membantu Seongnam menjuarai Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011.

Kini, keduanya kembali dipertemukan di Timnas Indonesia. Shin Tae-yong diyakini bakal menugaskan Dzenan Radoncic untuk mempertajam lini depan Timnas Indonesia karena semasa bermain dirinya merupakan seorang penyerang.

Video Populer

Foto Populer