Sukses


Timnas Indonesia: 5 Pemain Kesayangan Shin Tae-yong, Langganan Starter dan Berkontribusi Besar

Bola.com, Buriram - Sejak dipercaya menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong melakukan sejumlah keputusan-keputusan kontroversial. Satu di antaranya adalah mempromosikan pemain muda ke skuad senior.

Upaya itu dilakukan Shin Tae-yong untuk regenerasi skuad Timnas Indonesia. Tujuannya adalah agar pemain yang membela Timnas Indonesia tidak melulu itu-itu saja.

Selain mempromosikan pemain muda, Shin Tae-yong juga kerap membuat kejutan dengan memanggil wajah-wajah baru. Nama-nama anyar itu bahkan sering mendapatkan kesempatan melakoni debut di Timnas Indonesia.

Meski demikian, dari sejumlah pemusatan latihan dan laga Timnas Indonesia, ada beberapa nama yang langganan dipanggil. Mereka juga menjadi andalan Shin Tae-yong sehingga layak dinobatkan sebagai pemain kunci.

Kesempatan dan kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong nyatanya mampu dijawab dengan permainan apik dan kontribusi besar. Wajar bila nama-nama ini layak didapuk sebagai 'pemain kesayangan' dari pelatih asal Korea Selatan itu.

Bola.com mencatat ada lima pemain yang jadi kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kesayangan di sini mengacu pada konteks sering menjadi langganan starter di Timnas Indonesia. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

1. Asnawi Mangkualam

Karier Timnas Indonesia dari Asnawi Mangkualam meningkat sejak diasuh Shin Tae-yong. Situasi itu terjadi berkat kontribusi sang pemain di lapangan.

Asnawi Mangkualam menjelma menjadi bek sayap kanan yang tangguh. Penampilan apiknya itu pula yang membuka jalannya berkarier di K-League 2 bersama Ansan Greeners.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam sejauh ini mendapatkan kepercayaan bermain sebanyak lima kali. Pemain berusia 22 tahun itu mengumpulkan 383 menit bermain.

3 dari 6 halaman

2. Pratama Arhan

Pratama Arhan merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sejak U-19. Berkat Shin Tae-yong pula Pratama Arhan mampu menembus skuad senior dan melakoni debut pada usia 19 tahun 5 bulan dan 8 hari.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong tak lepas dari penampilan apik Pratama Arhan. Sebagai bek sayap kiri, Pratama Arhan tak hanya andal dalam menjaga pertahanan, namun turut membantu serangan.

Pratama Arhan sejauh ini sudah tampil sebanyak lima kali di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Pemain PSIS Semarang itu sukses mengumpulkan 405 menit bermain.

4 dari 6 halaman

3. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri merupakan langganan Shin Tae-yong di posisi sayap kanan. Egy tercatat tampil mengesankan sehingga sering menjadi starter.

Egy tercatat sudah empat kali bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong. Pemain Senica FK itu mengumpulkan 261 menit di Timnas Indonesia.

Egy juga sudah menyumbang satu assist. Namun, pelatih Shin Tae-yong tentu menginginkan kontribusi lebih besar dari Egy terutama turut mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia.

5 dari 6 halaman

4. Evan Dimas

Evan Dimas merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bhkan menjadikannya sebagai kapten Timnas Indonesia.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong dibayar tuntas oleh Evan Dimas. Dalam empat pertandingan, Evan sukses mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia.

Kontribusi besar itulah yang membuat Shin Tae-yong sering menjadikan Evan Dimas sebagai starter di Timnas Indonesia. Evan tercatat sudah tampil sebanyak 338 menit di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

6 dari 6 halaman

5. Kushedya Hari Yudo

Shin Tae-yong punya peran besar buat karier Kushedya Hari Yudo di Timnas Indonesia. Berkat Shin Tae-yong, Kushedya Hari Yudo bisa mencicipi kesempatan bermain di skuad Garuda.

Kushedya Hari Yudo merupakan penyerang tunggal yang digemari Shin Tae-yong. Pemain berusia 28 tahun itu sering dipanggil dan digunakan Shin Tae-yong untuk mengisi lini depan.

Sejauh ini, Kushedya Hari Yudo sudah bermain lima pertandingan di bawah asuhan Shin Tae-yong. Bomber Arema FC itu mengumpulkan 278 menit bermain di Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer