Sukses


Timnas Indonesia U-23: Kanu Helmiawan, Gelandang Persis yang Ingin Buktikan Diri ke Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persis Solo, Kanu Helmiawan kembali mendapat kepercayaan dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Ia dan pemain lain kembali berkumpul untuk persiapan menghadapi kualifikasi Piala AFC U-23 2022 yang akan bergulir pada 23 Oktober hingga 1 November 2021.

Skuad Garuda Muda tergabung dalam Grup G kualifikasi Piala AFC U-23 2022 dengan dua negara lainnya yakni, Australia dan China, menyusul Brunei Darussalam yang mengundurkan diri dari kompetisi. Timnas Indonesia U-23 akan memperebutkan satu tiket menuju Uzbekistan yang menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Para pemain termasuk Kanu Helmiawan telah berkumpul di Jakarta sejak 9 Oktober 2021. Kemudian mereka bertolak ke Tajikistan sebagai lokasi pertandingan kualifikasi.

Bagi Kanu Helmiawan, kesempatan ini merupakan kali kedua dipanggil Shin Tae-yong. Dia juga ikut dalam pemusatan Timnas Indonesia U-19 pada 2020 yang dipusatkan di Kroasia.

Saat itu dirinya ikut dalam pemusatan latihan bersama Pratama Arhan, Rizki Ridho, Rachmat Irianto, Witan Sulaiman, dan Egy Maulana Vikri yang kini telah menembus Timnas Indonesia senior.

Kanu Helmiawan bertekad memaksimalkan kemampuannya dan membayar kepercayaan yang telah diberikan di Timnas Indonesia U-23. Targetnya adalah ingin membawa Timnas U-23 lolos ke Piala AFC U-23 2022.

2 dari 3 halaman

Penuh Potensi

Pria bernama lengkap Muhammad Kanu Helmiawan lahir di Jakarta pada 27 April 2001. Masa remajanya banyak ia habiskan dengan belajar sepak bola di ASIOP, yang kemudian ia mengadu nasib di Muba Babel United, sebagai tim profesional pertamanya.

Setelah tampil menjanjikan bersama Timnas Indonesia U-19, Persis Solo merekrutnya untuk menjadikan kekuatan mengarungi Liga 2 2021. Usianya yang masih muda membuat Kanu Helmiawan mendapat kesempatan bermain oleh pelatih Persis Solo, Eko Purjianto, di dua laga awal babak penyisihan Grup C Liga 2.

Kanu tampil sebagai starter di Persis ketika menang 2-0 atas PSG Pati di pertandingan pertama. Ia juga kembali dimainkan saat Persis melakoni laga kedua melawan Persijap Jepara. Sayangnya, Persis hanya bermain imbang 1-1.

Secara umum Kanu Helmiawan bermain dengan percaya diri. Berposisi gelandang sentral, Kanu berkolaborasi dengan Arapenta Poerba dan Delfin Rumbino. Tanpa canggung Kanu tampil menjaga keseimbangan lini tengah Persis.

“Saya senang sekali bisa dapat panggilan dari Timnas Indonesia U-23, apalagi ini panggilan saya yang kedua setelah Timnas Indonesia U-19 lalu dan sekarang dapat panggilan lagi untuk bermain di kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Target yang pasti saya ingin membawa timnas lolos ke Piala AFC U-23,” ujar Kanu Helmiawan baru-baru ini.

3 dari 3 halaman

Absen di Derbi Mataram

Di sisi lain, Kanu Helmiawan bakal absen membela Persis Solo saat melakoni laga ketiga babak penyisihan grup, yaitu melawan musuh bebuyutannya PSIM Yogyakarta dalam ‘derbi Mataram’ di Stadion Manahan, Selasa (12/10/2021).

Kanu yang segera bertolak ke Tajikistan bersama skuad Timnas Indonesia U-19, hanya bisa mendoakan dan berharap timnya mengatasi PSIM dalam pertandingan yang selalu menguras tenaga dan pikiran nanti.

Dirinya juga akan melewatkan pertandingan hingga berakhirnya putaran pertama penyisihan grup C Liga 2. Persis Solo membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi di papan klasemen grup C, setelah ditahan imbang Persijap.

Tim berjulukan Laskar Sambernyawa untuk sementara di peringkat kedua dengan nilai empat, terpaut dua poin dari PSCS Cilacap di posisi pertama.

“Selama absen untuk mengikuti TC, saya berharap Persis Solo terus berprestasi. Apalagi nanti akan melawan PSIM, semoga Persis mendapat tiga poin,” tegas Kanu Helmiawan.

Video Populer

Foto Populer