Sukses


Membedah Skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 2022: Persebaya Sumbang Pemain Terbanyak!

Bola.com, Jakarta - Skuad Timnas Indonesia U-23 telah dikumpulkan untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengumumkan 33 pemain timnya dan kini telah berada di Tajikistan sebagai bagian dari persiapan tim.

Sedianya Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup G bersama Australia dan China pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Tetapi, China mengundurkan diri, sehingga Australia menjadi lawan tunggal tim Merah-putih nanti.

Timnas Indonesia akan memulai kampanyenya di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 dengan melawan Australia pada 27 Oktober 2021. Cukup menarik untuk disimak adalah komposisi skuad Timnas Indonesia U-23 yang disusun Shing Tae-yong kali ini.

Sebagian besar merupakan pemain yang dilatihnya saat masih di Timnas Indonesia U-19 tahun. Kemudian ditambah beberapa pemain yang ternyata tampil memukau di ajang kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

Banyak klub peserta BRI Liga 1 yang menyumbang pemain-pemainnya untuk membela Timnas Indonesia U-23. Persebaya Surabaya menjadi tim yang paling banyak mengirimkan pemainnya untuk Timnas U-23, yakni sebanyak empat pemain

Selain itu ada juga deretan pemain yang berkarier di luar negeri dan menjadi bagian di Timnas Indonesia senior.  Shin Tae-yong juga memanggil pemain yang berkarier di Liga 2 untuk menambah kekuatan timnya.

Bola.com merangkum sebaran klub yang mengirimkan pemain untuk Timnas Indonesia U-23. Berikut ulasannya:

2 dari 7 halaman

Persebaya Surabaya

Tim berjulukan Bajul Ijo menjadi tim yang meyumbang pemain paling banyak untuk skuad Timnas Indonesia U-23. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Marselino Ferdinan. Keempatnya sejauh ini memang tampil konsisten bersama Persebaya di BRI Liga 1.

Tidak cukup sampai di situ, Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto sudah tampil bersama Timnas Indonesia senior yang baru saja menyingkirkan Chinese Taipei di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara Marselino Ferdinan merupakan pemain potensial yang menjadi aset penting Persebaya dan Indonesia.

3 dari 7 halaman

Persib Bandung

Sebanyak tiga pemain disumbang Persib untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. Mereka adalah penjaga gawang Aqil Savik, bek sayap Bayu Fiqri, dan gelandang serang Beckham Putra. Bayu Fiqri mulai sering mendapat menit bermain oleh pelatih Robert Alberts.

Sementara Beckham Putra sudah lama menjadi pemain Shin Tae-yong termasuk saat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Eropa tahun lalu. Biasanya Beckham Putra diplot sebagai supersub mengisi peran playmaker karena kecepatannya.

4 dari 7 halaman

Persipura Jayapura

Tiga pemain milik Persipura Jayapura hadir untuk skuad Timnas Indonesia U-23 kali ini. Bek iri Irsan Lestauhu, striker Gunansar Mandowen, dan gelandang serang Ramai Rumakiek akan menambah kekuatan tim Garuda muda.

Kiprah Irsan Lestaluhu dan Gunansar Mandowen sudah lama terlihat sebagai pilar tim berjulukan Mutiara Hitam. Sementara Ramai Rumakiek sedang menjadi idola baru setelah melakoni debut istimewa bersama Timnas senior di ajang kualifikasi Piala Asia 2023.

5 dari 7 halaman

PSIS Semarang

Klub jagoan Jawa Tengah yang mulai tampil konsisten sebagai kekuatan baru di BRI Liga 1. Atas performa di awal musim yang apik, PSIS untuk sementara nangkring di posisi kedua.

Pemain-pemain muda PSIS tampil menawan hingga mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia U-23. Mereka adalah Alfeandra Dewangga yang membuktikan diri sebagai bek masa depan. Pratama Arhan yang semakin matang sebagai andalan di sektor bek kiri, dan bakal menjadi kesempatan perdana bagi gelandang Eka Febri Yogi.

6 dari 7 halaman

Barito Putera, Borneo FC, dan Persija Jakarta

Masing-masing klub ini mengirimkan dua pemainnya untuk Timnas Indonesia U-23. Barito Putera ada nama Muhamad Riyandi dan Muhamad Firli. Sosok Riyandi kini menjadi penjaga gawang utama Shin Tae-yong bahkan untuk level Timnas senior, seperti saat menyingkirkan Chinese Taipei.

Adapun kemampuan dan pengalaman Muhamad Firli semakin terasah, sebagai pemain muda potensial. Sementara Persija kembali menempatkan dua pemainnya ke Timnas U-23 yakni gelandang serang Braif Fathari dan striker jangkung Taufik Hidayat.

Borneo FC yang berada di papan tengah klasemen sementara BRI Liga 1 turut mengirimkan dua pemain yaitu Komang Teguh dan Rabbani Tasnin.

7 dari 7 halaman

Pemain dari Tim Luar Negeri dan Liga 2

Beberapa tim Liga 1 lainnya ikut mengirimkan masing-masing satu pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Mereka antara lain; Komang Tri Wiraguna (Bali United), Feby Eka Putra (Arema FC), Hanis Saghara (Persikabo 1973), Ronaldo Kwateh (Madura United), dan Subhan Fajri (Persiraja Banda Aceh).

Deretan pemain yang berkiprah di luar negeri jelas tidak luput dari pemanggilan Shin Tae-yong. Mereka adalah Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korsel), Natanael Siringoringo (Kelantan FC/Malaysia), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’zim/Malaysia), Saddil Ramdani (Sabah FC/Malaysia), dan Bagus Kahfi (Jong Utrecht/Belanda).

Shin Tae-yong turut memanggil nama-nama pemain yang tampil di kompetisi Liga 2 2021. Yakni Genta Alparedo dan Muhammad Kanu Helmiawan. Masing-masing memang sudah cukup lama menjadi pemain kesukaan sang pelatih. Di sisi lain keduanya juga tampil memukau di klub Semen Padang dan Persis Solo.

Video Populer

Foto Populer