Sukses


Beckham Putra dan Barisan Para Gelandang Timnas Indonesia U-23: Kreatif dan Berteknik Tinggi

Bola.com, Dushanbe - Skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 cukup menjanjikan. Sejumlah pemain dibekali dengan teknik individu yang mumpuni, di barisan gelandang terutama.

Nama-nama seperti Beckham Putra, Braif Fatari, hingga Marselino Ferdinan dapat menjadi jaminan kelancaran distribusi bola ke lini depan.

Beckham Putra menjadi gelandang Timnas Indonesia U-23 paling mengilap saat ini. Pemain berusia 19 tahun itu mampu mendulang dua gol dan satu assist untuk Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/2022.

Statistik itu datang dari dua penampilan sebagai starter dan empat menjadi supersub bagi Beckham Putra di Persib.

Berkat performa menjanjikannya di BRI Liga 1, playmaker masa depan Persib itu dipromosikan pelatih Shin Tae-yong dari timnas U-19 ke Timnas Indonesia U-23.

Namun, Beckham Putra punya kelemahan. Saudara laki-laki dari Gian Zola itu tidak pandai bermain di banyak posisi. Beckham Putra hanya mampu berperan sebagai gelandang serang.

Selain Beckham Putra, siapa lagi gelandang Timnas Indonesia U-23 yang kreatif dan berteknik tinggi?

2 dari 5 halaman

Braif Fatari

Ketika dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, Braif Fatari masih dalam kondisi cedera. Saat ini, gelandang asal Persija Jakarta itu diperkirakan telah pulih.

Braif Fatari telah disayang Shin Tae-yong sejak di timnas U-19. Pemain berusia 19 tahun itu hampir tidak pernah absen dalam panggilan untuk timnas U-23 dan timnas senior.

Sebagai gelandang serang, Braif Fatari punya kemampuan olah bola yang lumayan. Namun, selama ditangani Shin Tae-yong, alumnus Garuda Select itu lebih sering diplot menjadi second striker.

Karena kesibukannya di Timnas Indonesia senior, level usia, dan masalah cedera, Braif Fatari belum pernah membela Persija di kompetisi mayor sejak bergabung pada 2019.

Braif Fatari baru bermain di Piala Menpora 2021 untuk Persija, dan mencetak satu gol di babak final dalam kemenangan agregat 4-1 atas Persib.

3 dari 5 halaman

Natanael Siringoringo

Nama Natanael Siringoringo melejit di Malaysia. Pemain berusia 22 tahun itu berhasil bersinar bersama Kelantan FC.

Mantan gelandang Sulut United di Liga 2 itu mampu membukukan empat gol dan tiga assists untuk Kelantan FC pada musim pertamanya.

Natanael Siringoringo terbiasa dipasang sebagai gelandang serang, namun pemain asal Medan, Sumatera Utara itu juga dapat dimainkan menjadi gelandang sayap.

Natanael Siringoringo bukan nama baru di Timnas Indonesia U-23. Sejak tahun lalu, eks pemain PSMS Medan ini juga telah mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Genta Alparedo

Nama Genta Alparedo masih awam di telinga publik sepak bola nasional sebelum Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia U-19 pada 2020.

Setahun berselang, Genta Alparedo telah naik kasta ke Timnas Indonesia U-23 dan timnas senior.

Genta Alparedo adalah gelandang serang kreatif dan berteknik tinggi milik Semen Padang. Pemain berusia 20 tahun itu disebut-sebut punya potensi menjanjikan.

Di usianya yang masih sangat hijau, Genta Alparedo bahkan telah menjalani debutnya bersama timnas senior. Gelandang yang sempat diincar Persija Jakarta itu dimainkan sebagai pengganti ketika melawan Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021.

5 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Saking menjanjikannya, Marselino Ferdinan mendapatkan tiket akselerasi di timnas level usia. Dari timnas U-16, gelandang Persebaya Surabaya itu melesat naik kelas ke Timnas Indonesia U-23.

Marselino Ferdinan memang pernah dipanggil timnas U-19, namun hanya untuk seleksi. Namun, Shin Tae-yong tidak mau menyia-nyiakan bakatnya dengan cara mempromosikannya ke Timnas Indonesia U-23.

Talenta Marselino Ferdinan diakui oleh The Guardian. Media asal Inggris itu memasukkan namanya dalam daftar 60 wonderkid terbaik duni pada saati ini.

Di tengah persaingan ketat di posisi gelandang Persebaya, Marselino Ferdinan masih mampu bermain lima kali di BRI Liga 1 dengan kelimanya berasal sebagai pengganti.

Marselino Ferdinan bakal memperkaya pilihan Shin Tae-yong di posisi gelandang serang. Selain itu, didikan Persebaya level usia ini juga bisa menjadi gelandang sayap.

Video Populer

Foto Populer