Sukses


Prediksi Persipura vs Barito Putera Di BRI Liga 1: Laga Penentuan Nasib Dua Pelatih Bertitel Juara

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura dan Barito Putera sama-sama memburu kemenangan saat bersua pada laga pekan ke sembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Senin (24/10/2021).

Bagi kedua tim, tiga poin sangat vital untuk membuka peluang keluar dari zona degradasi. Tak hanya itu, laga nanti juga bisa jadi ajang penentuan nasib dua pelatih yang sama-sama pernah membawa tim yang ditanganinya meraih trofi juara Liga Indonesia.

Di kubu Persipura, Jacksen Tiago tengah menjadi sorotan setelah tim Mutiara Hitam hanya mengoleksi lima poin dari delapan partai musim ini.

Persipura yang dikenal sebagai tim berkarakter menyerang baru delapan kali menjebol gawang lawan dan kemasukkan 14 gol. Perolehan ini membuat posisi Jacksen kian terjepit.

Sukses membawa Persipura Jayapura meraih tiga trofi juara plus satu kali bersama Persebaya Surabaya sebagai pelatih bakal tak ada artinya bila Ian Kabes dan kolega kembali menelan kekalahan saat menghadapi Barito.

Begitu pun dengan Djajang Nurjaman yang membawa Persib Bandung meraih gelar juara Liga Super Indonesia 2014. Tiga kekalahan beruntun yang dialami Laskar Antasari membuat tim kebanggaan warga Banjarmasin ini bertengger di peringkat 17 klasemen.

Sampai pekan ke delapan, Barito baru meraup empat poin. Padahal, materi pemain Barito terbilang baik di level kompetisi kasta tertinggi.

2 dari 5 halaman

Kontribusi Pemain Asing Minim

Hasil minor Persipura dan Barito diawal kompetisi tak lepas dari minimnya kontribusi para pemain asing mereka. Persipura misalnya, striker asal Ukrania, Yevhen Bokhashvili yang diandalkan untuk menjebol gawang lawan terbelenggu cedera.

Alhasil, penyerang yang bersinar bersama PSS Sleman dengan koleksi 17 gol ini baru tampil dalam empat partai tanpa mampu koleksi gol. Kondisi yang sama dialami bek asal Brasil, Henrique Motta yang juga baru tampil dalam empat partai karena bayang-bayang cedera.

Begitu pun Takuya Matsunaga, gelandang berpaspor Jepang yang baru mencatat lima penampilan bersama Persipura karena bermasalah pada lututnya.

Barito setali tiga uang dengan Persipura. Kehadiran dua penyerang papan atas Liga 1, Rafael Gomes De Oliveira alias Rafinha dan Aleksandar Rakic belum berdampak signifikan pada lini depan Barito.

Rafinha misalnya, penyerang sayap yang tampil cemerlang bersama Persela Lamongan di musim 2019, baru mengoleksi dua gol dari delapan partainya bersama Barito musim ini.

Begitu pun dengan Rakic yang juga mengoleksi gol sama dengan Rafinha. Padahal Rakic pernah menjadi top skorer Liga 1 2018 dengan 21 golnya untuk PS Tira (kini Persikabo 1973).

Seperti Persipura, lini belakang Barito juga bermasalah dengan kebobolan 14 gol dari 8 partai. Bek tengah asal Kirgistan, Azamat Baimatov belum optimal memainkan perannya sebagai leader di pertahanan Barito yang dihuni dua bek sayap berlabel timnas yakni Bagas Kaffa (U-19) dan Miftah Sani (senior).

3 dari 5 halaman

Tekanan Buat Pelatih

Layaknya sebuah tim sepak bola, apa pun hasil yang digapai jadi tanggungjawab pelatih. Itulah mengapa Jacksen Tiago dan Djajang Nurjaman harus bersiap menanggung risiko pemecatan bila tim asuhannya kembali tak mampu meraih tiga poin penuh.

Sebagai catatan pada Liga 1 2019, Jacksen memutuskan mundur dari Barito setelah timnya meraih satu kali hasil imbang dan empat kalah dari lima partai awal musim itu.

Pada musim yang sama, Djajang Nurjaman harus menerima pemutusan kerjasaman dari manejemen Persebaya setelah Bajul Ijo bermain dalam 13 partai dengan hasil empat menang, enam seri, dan tiga kali kalah.

Usai Barito ditekuk PSIS Semarang dengan skor 0-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (20/10/2021), Djajang Nurdjaman mengaku siap menerima apa pun keputusan manajemen Barito.

"Sebagai pelatih, tugas saya adalah mengangkat penampilan tim. Saya siap, apa pun keputusan manajemen saya terima," kata Djanur pada sesi jumpa media pasca laga.

Sementara Jacksen Tiago mengungkapkan ia dan tim asuhannya merasa malu dan kecewa usai Persipura dilibas Persik Kediri 2-4 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Kamis (21/10/2021).

"Tapi, kami kami tetap akan bekerja keras, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain itu," tegas Jacksen.

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

  • Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (Kiper); David Rumakiek, Henrique Motta, Riccardo Salampessy, Donny Monim (Belakang); Ian Kabes, Muhammad Tahir, Takuya Matsunaga (Tengah); Todd Rivaldo Ferre, Yevhen Bokhashvili, Ricky Kayame (Depan).
  • Pelatih: Jacksen F. Tiago
  • Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Bagas Kaffa, Dandi Maulana, Azamat Baimatov, Miftah Sani (belakang); Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Buyung Lessy (tengah); Beni Oktavianto, Aleksandar Rakic, Rafael Oliveira (depan).
  • Pelatih: Djajang Nurjaman
5 dari 5 halaman

Data dan Fakta

Hasil Pertemuan di Liga 1

  • 30/05/2017: Persipura vs Barito Putera 3-1
  • 21/09/2017: Barito Putera vs Persipura 1-1
  • 31/03/2018: Barito Putera vs Persipura 2-2
  • 04/08/2018: Persipura vs Barito Putera 5-1
  • 23/08/2019: Barito Putera vs Persipura 2-2
  • 16/12/2019: Persipura vs Barito Putera 1-0

 

Prediksi Bola.com: 50-50

Live Vidio

Senin 25 Oktober

Pukul 15.15 WIB

Video Populer

Foto Populer