Sukses


BRI Liga1: Kena Sanksi Tambahan, Bruno Moreira Absen di Duel Persija Vs Persebaya?

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya terancam tidak bisa menurunkan Bruno Moreira saat berjumpa Persija Jakarta. Duel pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 itu bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) malam.

Kabarnya, Komdis PSSI memberi sanksi tambahan untuk pemain asal Brasil itu yang sempat mendapatkan kartu merah pada pekan ketujuh lalu. Namun, kabar ini masih belum dipastikan kebenarannya dan pihak Persebaya masih berusaha mendapat kepastian itu.

“Saya dikejutkan berita Bruno tidak bisa main yang aturannya kartu merah tidak bisa main satu kali. Tapi saya masih nunggu kejelasan,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya, dalam jumpa pers sebelum laga, Senin (25/10/2021).

“Saya dapat informasi manajemen pagi tadi. Persiapan taktikal kami selama latihan menggunakan Bruno, tapi saya dapat informasi (Bruno) tidak bisa main ini membuat kami kebingungan,” imbuh pelatih asli Malang itu.

Sanksi yang didapat oleh Bruno Moreira ini kemungkinan merupakan imbas dari perseteruannya dengan bek Persipura Jayapura, Israel Wamiau, dalam pekan ketujuh (16/10/2021). Friksi yang melibatkan mereka ini sempat memanaskan pertandingan. Padahal, insiden itu terjadi di pengujung laga.

2 dari 4 halaman

Tanda Tanya

Dalam duel itu Bruno mulanya dilanggar dulu oleh David Rumakiek saat dalam situasi perebutan bola. David menarik baju Bruno yang sudah menguasai bola dan akan kembali melakukan serangan. Setelah itu, terlihat Israel yang menyentuh Bruno dan melahirkan reaksi keras. 

Bruno mendorong Israel yang dibalas dengan dorongan balik. Bruno pun terjatuh dan sempat lahir adu mulut antarpemain dari kedua kesebelasan. Tak menunggu lama, wasit langsung mengganjar dua pemain itu dengan kartu merah langsung.

Perseteruan mereka tidak berlarut panjang. Israel memutuskan langsung meminta maaf kepada gelandang asal Brasil itu tersebut setelah friksi yang melibatkan keduanya. Tapi, mereka tetap mendapat larangan bertanding dalam satu laga sesuai regulasi.

Bruno juga sudah menjalani hukuman dengan tidak tampil saat Persebaya Surabaya ditahan imbang 1-1 oleh Persela Lamongan di pekan kedelapan (21/10/2021). Sanksi tambahan untuknya ini tentu menjadi tanda tanya.

3 dari 4 halaman

Andalan

Pemain berusia 22 tahun itu juga telah menjadi andalan dalam permainannya sebagai gelandang maupun winger. Wajar saja bila Aji Santoso menginginkan kejelasan agar bisa menentukan komposisi yang pas melawan Persija nanti.

“Kalau kondisi komplit, kami sudah menemukan komposisi yang pas. Tapi di setiap pertandingan kami tidak pernah komplit, lawan Persela Bruno tidak main. Kendala kami tidak bisa menurunkan pemain dengan komposisi komplit,” imbuh Aji.

Jika Bruno Moreira absen melawan Persija, kekuatan Persebaya Surabaya tentu saja kian tergerus. Sebab, Bajul Ijo juga tidak bisa menurunkan gelandang Ricky Kambuaya yang terkena larangan bertanding akibat akumulasi kartu.

Ditambah lagi masih ada tiga pemain muda dipastikan absen karena membela Timnas Indonesia U-23 untuk tampil dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer