Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia U-23 Setelah Kalah dari Australia U-23: Daya Juang Luar Biasa!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 mengawali laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dengan kekalahan. Tim besutan Shin Tae-yong ini takluk 2-3 dari Australia di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021).

Gawang Ernando Ari dijebol tiga kali oleh Marc Tokich, Patrick Wood, dan Jacob Italiano. Sedangkan Timnas Indonesia U-23 memperkecil kedudukan lewat Witan Sulaeman dan Taufik Hidayat.

Dari segi permainan, Australia lebih mendominasi permainan. Di babak pertama, Indonesia bahkan nyaris tanpa peluang. Asnawi Mangkualam dkk harus berjuang keras menahan gempuran Australia.

Mereka praktis hanya mengandalkan semangat juang semalam. Maklum, Australia punya banyak pemain dengan postur jangkung dan kekar plus bertehnik bagus.

Itu membuat Timnas U-23 lebih sibuk bertahan. Ketika melakukan serangan balik, pola yang diperlihatkan masih tak jelas. Baru di babak kedua ada perbaikan. Rachmat Irianto dkk. mencoba mulai berani memainkan bola. Sayang, justru dari situ ada celah dari sistem pertahanan yang bisa membuat Australia mencetak tiga gol.

Tapi kesempatan masih ada. Timnas Indonesia U-23 kembali menghadapi Australia pada Jumat (29/10/2021). Dari permainan di pertemuan pertama semalam, Bola.com menyusun penilaian pada pemain. Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-23.

 

2 dari 13 halaman

Ernando Ari: 7

Kiper

Ernando Ari: 7

Bisa dibilang Ernando sudah tampil lumayan bagus. Terutama di babak pertama. Dia berhasil menepis tendangan penalti pemain Australia, Patrick Wood. Selain itu, kiper asal Persebaya Surabaya ini masih bisa melakukan 4 penyelamatan krusial. Sayangnya, di babak kedua gawangnya kemasukan tiga gol.

Tapi, jika bukan karena Ernando, Indonesia bisa bobol lebih banyak.

3 dari 13 halaman

Asnawi Mangkualam: 6

Belakang

Asnawi Mangkualam: 6

Menjabat sebagai kapten tim, Asnawi diharapkan bisa jadi contoh bermain tanpa lelah bagi pemain lain. Bek kanan asal Makassar ini tampil lepas seperti biasanya. Sekalipun lawan yang dihadap punya kualitas lebih baik. Namun, ketika Asnawi naik ke depan, posisinya dijadikan celah lawan untuk melakukan serangan balik.

4 dari 13 halaman

Rizky Ridho: 5,5

Rizky Ridho: 5,5

Dia tampak kewalahan menghadapi pemain Australia yang punya postur jangkung dan skill bagus. Beberapa kali Rizky dilewati pemain lawan. Termasuk gol ketiga Australia yang dicetak Jacob Italiano.

 

5 dari 13 halaman

Alfeandra Dewangga: 5,5

Sebenarnya Dewa diharapkan bisa membuat lini pertahanan lebih rapat. Tapi serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Australia juga membuatnya beberapa kali melakukan kesalahan.

6 dari 13 halaman

Pratama Arhan: 5,5

Babak pertama, daerahnya di bek kiri banyak dicecar pemain Australia. Pratama lebih banyak bertahan. Akselerasi yang jadi andalannya nyaris tak terlihat.

7 dari 13 halaman

Witan Sualeman: 7

Dia tampil sebagai sayap kanan di babak pertama. Pelatih Shin Tae-yong berharap Witan banyak melakukan tusukan di sektor itu. Sempat beberapa aksinya terlihat meski berujung pada hilang bola. Menit 68, Witan berhasil mencetak gol indah dari luar kotak penalti.

8 dari 13 halaman

Rachmat Irianto: 6

Gelandang jangkar asal Persebaya Surabaya ini jadi yang paling repot di lini tengah. Karena harus menghadapi gelandang bertehnik tinggi Jacob Italiano. Babak kedua, dia sempat percaya diri coba memainkan bola.

9 dari 13 halaman

Gunansar Mandowen: 6

Sebenarnya dia diharapkan bisa jadi motor serangan lini tengah. Tapi tak banyak yang bisa dilakukannya karena permainan dikuasai Australia. Namun gol kedua Indonesia bermula dari tendangannya yang mengarah kepada Taufik Hidayat.

10 dari 13 halaman

Ramai Rumakiek: 6

Pemain sayap asal Papua ini lebih banyak berlari mengejar bola. Aksi-aksi individu seperti saat membela Persipura tak terlihat di laga ini. Namun dia masih bisa memberikan assist untuk gol pertama Indonesia yang dicetak Witan Sulaeman.

 

11 dari 13 halaman

Bagus Kahfi: 5,5

Pengalamannya bermain di Jong Utrecht diharakan membuatnya punya kontribusi besar di laga ini. Sayang, justru Bagus tampil dibawah performa terbaiknya. Dia banyak kehilangan bola. Baik karena akselerasinya terbaca lawan, atau salah umpan.

12 dari 13 halaman

Hanis Saghara: 5

Bermain sebagai striker, Hanis tak punya peluang bagus di laga ini. Dia justru lebih banyak turun mencari bola. Sebab, dia jarang dapat suplai karena Indonesia banyak ditekan.

13 dari 13 halaman

Cadangan

Taufik Hidayat: 6,5

Striker pengganti yang berhasil mencetak gol kedua Indonesia. Taufik memang jarang dapat bola. Namun sekali dapat bola liar, dia bisa memaksimalkannya jadi gol. 

Subhan Fajri: 5

Dia dimasukkan untuk memperkuat sektor pertahanan sebelah kiri. Pemain asal Persiraja Banda Aceh tak banyak memberikan kontribusi. Karena pertahanan Indonesia tetap banyak dapat tekanan.

Marselino Ferdinan: 5

Wonderkid asal Persebaya ini masuk di pertengahan babak kedua. Tapi dia tak banyak memberikan perubahan permainan Timnas Indonesia.

Komang Teguh: 5

Masuk menggantikan Rachmat Irianto. Lagi-lagi tak banyak. 

Ronaldo Kwateh: 5

Pemain dengan skill tinggi ini masuk paling akhir. Dia turun di masa injury time. Ronaldo sempat mendapatkan bola dan melakukan aksi individu. Sayang, tak cukup waktu yang didapatkan untuk mengeluarkan potensinya. 

 

Video Populer

Foto Populer