Sukses


Man of the Match Persija Vs Persebaya di BRI Liga 1: Kelincahan Taisei Marukawa Jadi Penentu Kemenangan

Bola.com, Solo - Persebaya Surabaya sukses meneruskan catatan tak terkalahkan kontra Persija Jakarta dalam enam laga beruntun. Terbaru, Bajul Ijo menang tipis 1-0 pada pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) malam.

Winger Persebaya Surabaya Taisei Marukawa mampu merepotkan pertahanan Persija selama babak pertama dengan kelincahannya dalam mengolah bola. Dia biasa menggocek bola dan melewati pemain Macan Kemayoran sebelum melepas tembakan.

Pemain asal Jepang itu juga hampir memberi ancaman di menit ke-18 yang tanpa kawalan di kotak penalti. Dia melepas tembakan, namun wasit menganggapnya dalam kondisi sudah terperangkap offside.

Gol semata wayang pertandingan ini dicetak oleh Taisei Marukawa pada menit ke-25. Itu bermula dari umpan panjang yang dikirim Muhammad Hidayat ke lini depan saat pertahanan Persija sedang lowong.

Bola disambut oleh Rezaldi Hehanusa yang kemudian berusaha dibuang oleh Otavio Dutra. Namun, upaya itu tidak sempurna sehingga dimanfaatkan oleh Taisei Marukawa untuk merangsek ke kotak penalti. Dia pun mengecoh kiper Andritany Ardhiyasa sebelum menceploskan bola ke gawang.

Gol ini membuat kiper Persija Andritany Ardhiyasa marah terhadap rekan-rekannya yang gagal mengantisipasi pergerakan pemain Persebaya Surabaya bernomor 10 itu. Kesalahpahaman antara Dutra dan Rezaldi telah berakibat fatal.

 

2 dari 4 halaman

Serangan Dimulai dari Taisei Marukawa

Selama babak pertama, serangan Persebaya lebih banyak dimulai oleh Marukawa. Setiap mendapat bola, pemain Bajul Ijo langsung mengirimkannya kepada pemain berusia 24 tahun itu sebelum diteruskan kepada Jose Wilkson atau ditembak sendiri.

Dribelnya di sisi kiri pertahanan Persija benar-benar membikin kewalahan. Rezaldi Hehanusa yang tampil sebagai bek kiri tak kuasa membendungnya. Riko Simanjuntak yang notabene winger kanan malah ikut membantu menghentikan Marukawa.

Beberapa duel antara Riko dan Marukawa terjadi di sisi kiri pertahanan Persija. Riko sampai harus mendapat kartu kuning karena menjatuhkan Marukawa di menit ke-38. Itu bahkan jadi kartu kuning pertama Riko di musim ini.

 

3 dari 4 halaman

Memilih Bertahan

Di babak kedua, Marukawa sudah tidak banyak beraksi karena Persebaya memilih bermain bertahan. Sempat beberapa upaya penetrasi ke kotak penalti Persija dilakukannya, kali ini sudah bisa dibaca dan dipatahkan oleh pemain lawan.

Selain Marukawa, kiper Persebaya Andhika Ramadhani sebenarnya juga tampil apik dengan melakukan delapan penyelamatan. Semua upayanya di bawah mistar juga berdampak penting pada kemenangan ini.

Bedanya, Marukawa merupakan motor permainan Persebaya yang sulit dihentikan. Gol tunggalnya sudah tentu menjadi penentu penting raihan tiga poin yang didapat oleh skuat arahan Aji Santoso dalam duel ini.     

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya dan Persija

Video Populer

Foto Populer