Sukses


Taklukkan Timnas Indonesia U-23 di Leg 1, Australia Pede Tembus Piala Asia U-23 2022

Bola.com, Dushanbe - Pelatih Timnas Australia U-23, Trevor Morgan, puas dengan kemenangan 3-2 yang diraih atas Timnas Indonesia U-23 pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Selasa (26/10/2021). Trevor Morgan menilai kemenangan itu menjadi hadiah dari kerja keras selama pemusatan latihan jelang laga.

Australia U-23 melakukan persiapan selama dua pekan untuk menghadapi Timnas Indonesia U-23. Tim berjulukan Olyroos itu melakukan persiapan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sejauh ini, pemusatan latihan dengan intensitas tinggi di Dubai cukup membuahkan hasil buat Australia. Penampilan para pemain Australia sangat baik sehingga cukup merepotkan Timnas Indonesia U-23 dan akhirnya menyerah 2-3.

"Hasil ini adalah hadiah yang bagus dari upaya para pemain dan staf selama dua pekan terakhir. Kami telah berlatih dan bermain di Dubai dan Dushanbe," kata Trevor Morgan seperti dikutip situs resmi Federasi Sepak Bola Australia (FFA).

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Australia U-23 untuk bisa menembus Piala Asia U-23 2022. Australia U-23 cukup meraih hasil imbang dengan skor berapapun karena sudah unggul selisih gol dari Timnas Indonesia U-23.

"Ini membuat kami siap untuk pertandingan kedua di mana target kami adalah kemenangan di Kualifikasi untuk lolos ke Uzbekistan 2022," tegas Trevor Morgan.

2 dari 3 halaman

Enggan Bermain Aman

Meskipun sudah unggul selisih gol dari Timnas Indonesia U-23, namun pelatih Trevor Morgan menegaskan Australia tak akan bermain aman pada laga kedua yang digelar Jumat (29/10/2021). Trevor Morgan menyebut Olyroos bakal tampil lebih tajam dan solid di lini pertahanan.

"Dari sisi penyerangan, kami yakin bisa lebih tajam. Adapun dari sisi pertahanan, kami tahu bisa lebih kompak. Ini adalah dua elemen yang akan kami asah jelang pertandingan Jumat," kata Trevor Morgan seperti dikutip situs resmi Federasi Sepak Bola Australia (FFA).

Australia dan Timnas Indonesia U-23 sama-sama punya waktu recovery singkat jelang pertandingan kedua. Namun, Trevor Morgan optimistis pihaknya bakal siap tempur lagi pada laga kedua.

"Saya memiliki keyakinan penuh pada staf pendukung kami untuk membuat anak-anak siap secara fisik untuk pertandingan kedua dalam waktu kurang dari 72 jam," tegas Trevor Morgan.

3 dari 3 halaman

Skenario Kedua Tim

Timnas Indonesia U-23 dan Australia sama-sama masih berpeluang melaju ke Piala Asia U-23 2022. Meskipun situasi saat ini lebih menguntungkan Australia.

Memenangi duel pertama membuat Australia unggul secara selisih gol. Artinya, untuk melaju ke Piala Asia U-23 2022 sejatinya Australia cukup membutuhkan hasil imbang dengan skor berapapu.

Berdasarkan regulasi yang tertera di situs Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Kualifikasi Piala Asia U-23 tidak mengenal peraturan gol tandang. Dengan demikian, Timnas U-23 masih punya peluang bila berhasil menang dengan skor selisih satu gol. Maka pemenang akan ditentukan oleh babak adu penalti.

Video Populer

Foto Populer